Abstrak
Penelitian ini
membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan siswa kelas X SMA
Negeri 10 Surabaya dalam memilih kelompok belajar peminatan. Siswa diberikan
kebebebasan untuk menentukan kelompok belajar dan mata pelajaran peminatannnya
sendiri sejak terlaksananya kurikulum merdeka. Siswa dalam memilih kelompok
belajar dan mata pelajaran peminatan dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga
perlu dianalisis terkait faktor-faktor yang memepengaruhi keputusan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
terhadap keputusan siswa dalam memilih kelompok belajar secara sendiri-sendiri
dan bersamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan sampel sebanyak 33 siswa dari 386 populasi dengan
perhitungan sampel Proportionate Random Sampling, uji pada perolehan
data Terdiri dari uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien
determinasi, analisis regresi, dan uji signifikansi F Yang dibantu dengan
menggunakan aplikasi SPSS. Hasil analisis penelitian menunjukkan
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan siswa dalam memilih kelompok belajar
dari 3 variabel X yang diteliti yaitu hasil belajar (X1), minat (X2), motivasi
(X3). Hasil perhitungan dengan menggunakan regresi linier berganda Y=
-1,650a-0,013X1+0,138X2+0,442X3=-1,083 yang artinya berpengahruh negatif.
Masing-masing variabel diuji menggunakan regresi sederhana variabel (X1) Y=
0,716a+0,789X1=1,514, variabel (X2) Y= 0,716a+0,060X2=0,776, varibel (X3) Y=
0,716a+0,001X3=0,717. Setiap variabel memiliki nilai sig sebesar
0,716 untuk variabel hasil belajar
(X1), untuk variabel minat (X2) 0,060, variabel motivasi (X3) 0,000. Hasil
analisis menunjukkan bahwasanya variabel motivasi (X3) paling besar pengaruhnya
dalam pengambilan keputusan oleh siswa ditunjukkan dengan nilai sig <0,05.
Temuan ini dapat digunakan sebagai dasar peningkatan hal-hal yang mengacu pada
keminatan siswa dalam menentukan pilihannya.
Kata kunci: Motivasi, Kurikulum Merdeka, Pengaruh, Peminatan.