EFEKTIVITAS PELAYANAN E-KTP JEMPUT BOLA DI DESA MOJORANU KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO
EFFECTIVENESS OF E-KTP PICK UP BALL SERVICES IN MOJORANU VILLAGE, DANDER DISTRICT, BOJONEGORO DISTRICT
Nama : Elys Agustian
NIM : 21040674230
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Fakultas : Ilmu Sosial Dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.
E-KTP merupakanbkartu identitas wajib yang harus dimilki oleh setiap warga Negara Indonesia. Oleh sebab itu, setiap warga Indonesia wajib rekam e-KTP untuk pembuatan e-KTP, termasuk masyarakat yang berkebutuhan khusus dan lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pelayanan e-KTP dengan sistem jemput bola oleh petugas pelayanan administrasi kependudukan di Desa Mojoranu Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum Desa Mojoranu Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro yang setiap harinya bertugas memberikan pelayanan surat dan administrasi kependudukan lainnya kepada masyarakat secara langsung, petugas pelaksana pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Dander dan keluarga/wali pemohon E-KTP di Desa Mojoranu. Observasi lapangan juga akan dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang proses pelayanan perekaman e-KTP dengan sistem jemput bola oleh petugas pelayanan administrasi kependudukan di Desa Mojoranu Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Pelayanan e-KTP Jemput Bola di Desa Mojoranu Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro sudah berjalan efektif karena dari target atau sasaran sudah tepat yaitu program ini diperuntukan bagi masyarakan Desa Mojoranu Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro yang telah memenuhi syarat untuk memiliki e-KTP antara lain masyarakat yang sudah berusia 17 tahun keatas tetapi belum pernah melakukan perekaman e-KTP terlebih bagi penyandang disabilitas dan lansia, sosialisasi program sudah berjalan efektif, tujuan program sudah terlaksana serta tujuan program sudah tercapai dan pemantauan program sudah terlaksana baik pemantauan secara langsung maupun pemantauan secara tidak langsung.
Kata kunci: Efektivitas, Pelayanan, e-KTP, Jemput Bola.
E-KTP is a mandatory identity card that every Indonesian citizen must have. Therefore, every Indonesian citizen is required to record an e-KTP to make an e-KTP, including people with special needs and the elderly. This research aims to describe and analyze the effectiveness of e-KTP services using a pick-up and drop-off system by population administration service officers in Mojoranu Village, Dander District, Bojonegoro Regency.
The research method used is qualitative research with a case study approach. Data will be collected through in-depth interviews with the Head of Administrative and General Affairs of Mojoranu Village, Dander District, Bojonegoro Regency, who is tasked with providing mail and other population administration services directly to the community every day, the officer implementing population administration services in Dander District and the family/guardian of the E-applicant. KTP in Mojoranu Village. Field observations will also be carried out to gain a deeper understanding of the e-KTP recording service process using a pick-up and drop-off system by population administration service officers in Mojoranu Village, Dander District, Bojonegoro Regency. Data analysis will be carried out using qualitative analysis techniques.
The results of this research indicate that the e-KTP Pick-up-the-Ball service program in Mojoranu Village, Dander District, Bojonegoro Regency has been running effectively because the targets or goals are correct, namely this program is intended for the people of Mojoranu Village, Dander District, Bojonegoro Regency who have met the requirements to have an e-KTP including people who are aged 17 years and over but have never recorded an e-KTP, especially for people with disabilities and the elderly, program outreach has been effective, program objectives have been implemented and program objectives have been achieved and program monitoring has been carried out, both direct monitoring and follow-up. indirectly.
Keywords: Effectiveness, Service, e-KTP, Pick Up the Ball.