Latar belakang penelitian ini yaitu
berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SLB Negeri Gedangan, ditemukan
permasalahan mengenai pemahaman konsep bilangan asli sampai dengan 20 bagi
peserta didik cerebral palsy, baik yang termasuk dalam Fase A maupun Fase C
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Learn by Flashcard (LEBARD) berbasis
android yang digunakan dalam pembelajaran matematika dengan konten ajar bilangan
asli sampai dengan 20 bagi peserta didik cerebral palsy serta mengetahui
kelayakan media berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan praktisi
pembelajaran bagi peserta didik cerebral palsy.
Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan atau penelitian R&D
(Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang mempunyai 5
tahapan pengembangan, yaitu Analisis (Analyze) , Desain (Design) , Pengembangan (Development) ,
Implementasi (Implementation) , dan
Evaluasi (Evaluating) . Namun dalam penelitian
ini, tahapan hanya sampai tahap Pengembangan (Development) produk media pembelajaran.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media berbasis android berbentuk Learn by Flashcard (LEBARD) berdasarkan penilaian: 1) Ahli
Media diperoleh skor total 72,00 dari 21 indikator penilaian yang termasuk
dalam kriteria “Sangat Baik” dengan persentase 85,71% yang termasuk dalam
kriteria “Sangat Layak”, 2) Ahli Materi diperoleh skor total 78,00 dari 26
indikator penilaian yang termasuk dalam kriteria “Baik” dengan persentase 75%
yang termasuk dalam kriteria “Layak”, serta 3) Praktisi pembelajaran peserta
didik cerebral palsy diperoleh skor total 121,00 dari 39 indikator penilaian yang
termasuk dalam kriteria “Baik” dengan persentase 77,56% yang termasuk dalam
kriteria “Sangat Layak”. Dengan demikian, media
berbasis android berbentuk Learn by Flashcard (LEBARD) layak
digunakan dalam pembelajaran matematika dengan konten ajar bilangan asli sampai
dengan 20.
Kata
Kunci : Media Berbasis Android, Pembelajaran Matematika, Cerebral Palsy