PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YAMASSA SURABAYA
THE EFFECT OF SINGING METHOD ON EARLY READING ABILITY IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS AT TK YAMASSA SURABAYA
Kemampuan membaca menjadi landasan yang penting dalam membuka peluang masa depan anak, karena merupakan langkah awal dalam menguasai pengetahuan dan ilmu. Oleh karena itu, pengajaran membaca, terutama membaca awal, dapat dilakukan di tingkat Taman Kanak-kanak (TK). Observasi yang telah dilakukan di TK Yamassa Surabaya menunjukkan bahwa anak-anak kelompok B kurang tertarik dengan pembelajaran membaca dan 6 dari 11 anak masih belum bisa membaca. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dan menggunakan desain non-equivalent control group. Berdasarkan uji Mann Whitney didapatkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bernyanyi terhadap kemampuan membaca awal pada anak usia 5-6 tahun di TK Yamassa Surabaya.
The ability to read is an important foundation in opening up opportunities for a child's future, because it is the first step in mastering knowledge and knowledge. Therefore, teaching reading, especially early reading, can be done at the Kindergarten (TK) level. Observations made at TK Yamassa Surabaya showed that group B children were less interested in learning to read and 6 out of 11 children still could not read. This study uses a quasi-experimental research type and uses a non-equivalent control group design. Based on the Mann Whitney test, the Asymp. Sig. (2-tailed) 0.003 <0.05 then Ha is accepted and Ho is rejected. It can be concluded that there is a significant effect of the singing method on early reading skills in children aged 5-6 years at TK Yamassa Surabaya.