PENGARUH CITRA MEREK DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAKE HERBALIFE
THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE AND REFERENCE GROUP ABOUT PURCHASE DECISSION HERBALIFE SHAKE PRODUCTS
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan membahas pengaruh citra merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk shake Herbalife. Dalam penelitian berikut memakai jenis penelitian kuantitatif, sedangkan populasinya sendiri ialah konsumen Herbalife. Penelitian berikut memakai teknik Purposive Sampling menjadi teknik pengambilan sampel dengan jumlah responden sebanyak 90 orang dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan datanya. Uji asumsi klasik sebagai teknik analisis data yang dipakai pada penelitian berikut dan regresi linier berganda selaku metode analisisnya. Penelitian ini memiliki hasil bahwa variabel citra merek (X1) secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan nilai signifikan hasil variabel kelompok referensi (X2) secara parsial memiliki pengaruh positif pada keputusan pembelian, citra merek dan kelompok referensi secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk shake herbalife yaitu sebesar 57,5%.
Kata Kunci : Citra Merek, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian
The purpose of this research is to analyze and discuss the influence of brand image and reference group on the decision to purchase cosmetics herbalife shake products. In the following research used this type of quantitative research, while the population itself is herbalife consumers. The following study used Purposive Sampling technique as sampling technique with the number of respondents as many as 90 people by using questionnaires to collect data. Classical sumsi test as data analysis technique used in the following research and multiple linear regression as the analysis method. This study has the result that the variable (X1) partially positively affects the purchasing decision, while the significant value of reference group variable result (X2) partially has a positive influence on the purchasing decision, brand image and reference group parcial and simultaneously have a significant influence on the decision to purchase shake herbalife products by 57.5%.
Keywords: Brand Image, Reference Group, Purchasing Decision