Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD interaktif berbasis collaborative learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. E-LKPD interaktif yang dikembangkan menggunakan model ADDIE yakni Analysis, Design, Developement, Implementation, dan Evaluation. Uji coba terbatas dilakukan pada 15 peserta didik kelas XII MIPA SMA Ulul Albab Sidoarjo. Parameter dalam penelitian ini meliputi validitas yang dilihat dari hasil validitas para ahli, kepraktisan yang dilihat dari hasil respon peserta didik terhadap E-LKPD, dan keefektifan yang dilihat dari hasil tes peserta didik setelah mengerjakan E-LKPD. Data dianalisis menggunakan lembar validasi untuk menentukan validitas E-LKPD, lembar respon peserta didik untuk menentukan kepraktisan E-LKPD, dan lembar hasil tes peserta didik untuk menentukan keefektifan E-LKPD. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD interaktif yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran dengan skor validitas syarat konstruksi 96,30%, syarat teknis 94,44%, dan syarat didaktik 100% dengan kriteria interpretasi sangat valid pada ketiganya. Selain itu, E-KPD juga dinyatakan praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran dengan skor kepraktisan syarat konstruksi 95,55%, syarat teknis 90%, dan syarat didaktik 100% dengan kriteria interpretasi sangat baik pada ketiganya. Adapun juga, keefektifan ditinjau berdasarkan hasil post-test peserta didik kelas XII MIPA SMA Ulul Albab Sidoarjo dan mendapatkan skor keefektifan interpretasi 100%. Analisis 100%, evaluasi 100%, inferensi 86,67%, eksplanasi 100%, dan regulasi diri 93,33% dengan kriteria interpretasi sangat tinggi.
Kata Kunci: E-LKPD, Collaborative Learning, Pertumbuhdan dan Perkembangan, Keterampilan Berpikir Kritis