ABSTRAK
Pengembangan Buku Ajar Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI OTKP
di SMK Kawung 1 Surabaya
Nama : Rahmat Hidayat
NIM : 15080314022
Program Studi : S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd.
Penelitian pengembangan ini memiliki beberapa tujuan, antara lain untuk: mengetahui proses pengembangan buku ajar pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana program studi keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran kelas XI OTKP di SMK Kawung 1 Surabaya, mengetahui kelayakan buku ajar pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XI OTKP di SMK Kawung 1 Surabaya, dan mengetahui respon peserta didik mengenai buku ajar pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XI OTKP di SMK Kawung 1 Surabaya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan (1974) terdiri 4 tahapan pengembangan yaitu yakni tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), serta tahap disseminate (penyebaran). Buku ajar disusun berdasarkan dari ketetapan dari BSNP dengan format penyusunan buku ajar antara lain :cover depan, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan buku ajar, isi buku ajar, soal latihan, glosarium, kata kunci, daftar pustaka, dan cover belakang. Kelebihan buku ajar yang dikembangkan telah disesuaikan dengan kurikulum 2013 revisi 2017 dan menggunakan pendekatan saintifik dengan langkah pembelajaran 5M. Produk buku ajar yang dikembangkan selanjutnya ditelaah dan divalidasi oleh 4 ahli. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMK Kawung 1 Surabaya dengan subjek penelitian 20 peserta didik.
Hasil validasi buku ajar dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 81,5% dengan kategori sangat layak, validasi ahli grafik memperoleh presentase sebesar 79% dengan kategori layak, dan ahli bahasa memperoleh presentase sebesar 81,5% dengan kategori sangat layak. Keselurahan hasil validasi para ahli dengan total sebesar 80,6% dengan kategori layak yang diadaptasi dari Riduwan (2014). Hasil uji coba terbatas pada peserta didik memperoleh presentase sebesar 92,3% dengan kategori sangat menarik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa buku ajar mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XI OTKP yang telah dikembangkan layak dan sangat menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Buku ajar, Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana, Pendekatan Saintifik
ABSTRACT
Development of Textbooks in Automation of
Facilities and Infrastructure Class XI
OTKP at SMK Kawung 1 Surabaya
Name : Rahmat Hidayat
Study Program : S1 Office Administration Education
Department : Economic Education
Institution : Surabaya State University
Advisor : Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd.
This development research has several objectives, including for: know the process of developing textbooks in the subject of Automation of Facilities and Infrastructure Automation Study Program expertise in Office Management Automation XI OTKP in SMK Kawung 1 Surabaya, find out the feasibility of textbooks on the subject of Automation of Facility and Infrastructure Management for Class XI OTKP at SMK Kawung 1 Surabaya, and knowing students' responses about textbooks in the subject of Automation of Facility and Infrastructure Management for Class XI OTKP at SMK Kawung 1 Surabaya.
This research is a type of research development or Research and Development (R&D) with the 4-D development model of Thiagarajan (1974) consisting of 4 stages of development namely the defining stage, the design stage, and the development stage and the disseminate stage. Textbooks are prepared based on the provisions of the BSNP with the format of the preparation of textbooks, including: front cover, preface, table of contents, instructions for using the textbook, textbook contents, practice questions, glossary, keywords, bibliography, and back cover. The strengths of textbooks developed have been adjusted to the 2013 revised 2017 curriculum and use a scientific approach with the 5M learning step.
The textbook product developed then reviewed and validated by 4 experts. This research development was carried out at SMK Kawung 1 Surabaya with 20 research subjects learners.
Textbook validation results from material experts get a percentage of 81.5% with a very feasible category, validation graphic experts get a percentage of 79% with a feasible category, and linguists get a 81.5% percentage with a very feasible category. The overall results of the validation of experts with a total of 80.6% with a feasible category adapted from Riduwan (2014). The trial results are limited to students obtaining a percentage of 92.3% in the irresistible category. Therefore, it can be concluded that the textbooks for Automation of Facilities and Infrastructure Management class XI OTKP that has been developed is feasible and irresistible to be used for the learning process.
Keywords : Textbooks, Facility and Infrastructure Automation, Scientific Approach