PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS XI MAN 1 MOJOKERTO
THE INFLUENCE OF INSTAGRAM SOCIAL MEDIA ON THE CAPABILITY OF WRITING POETRY IN CLASS XI MAN 1 MOJOKERTO STUDENTS
ABSTRAK
Karya sastra mengandung unsur ekspresi sastrawan dan kesan khusus yang ingin ditimbulkan terhadap pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media sosial instagram terhadap aktivitas belajar siswa dalam menulis puisi, (2) pengaruh penerapan media sosial instagram terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas XI MAN 1 Mojokerto, (3) perbandingan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 MAN 1 Mojokertomelalui media sosial instagram. Teknik pengumpulan data terdiri dari pretes dan postes.
Jenis penelitian ini adalah true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 MAN 1 Mojokerto yang masing-masing peserta berjumlah 33 siswa. Dengan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperiment dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini dilakukan dengan dua tahap yaitu pre-test dan post-test siswa dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol.. Hasil belajar siswa dalam menulis puisi melalui media sosial instagram dengan menggunakan teknik random sampling.
Hasil nilai rata-rata pretes pada kelas kontrol sebesar 50,31 dan nilai rata-rata postes sebesar 72,5. Sedangkan nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen sebesar 60,30 dan nilai rata-rata postes sebesar 78,63. Dari perbandingan hasil nilai postes kedua kelas tersebut dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran menulis puisi melalui media sosial instagram dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Selain itu, hasil uji-t yakni (0,793 > 9,25). Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada pembelajaran menulis puisi antara kelas kontrol tanpa menggunakan teknik random sampling dengan kelas eksperimen yang menggunakan teknik random sampling.
Pembelajaran menulis puisi melalui media sosial instagram dengan menggunakan teknik random sampling yang berjalan sangat baik sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Guru aktif dalam proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan hasil persentase aktivitas guru 81%. Siswa sangat antusias dan senang dalam proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan presentase 65%. Begitupun dalam Hasil angket respon siswa di kelas eksperimen menunjukkan respon positif terhadap pengaruh media sosial instagram terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas XI MAN 1 Mojokerto.Jadi keseluruhan jawaban respon siswa yang diketahui dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dalam media sosial instagram dapat diterima oleh siswa kelas XI IPS. Mayoritas siswa menjawab “ya” dengan adanya pembelajaran menulis puisi dalam media sosial instagram.
Kata Kunci: Pengukuran, Respon siswa, Instagram, Puisi.
Literary works contain elements of literary expressions and special impressions that want to be caused to the reader. This study aims to determine: (1) the influence of Instagram social media on student learning activities in writing poetry, (2) the influence of the application of Instagram social media to the ability to write poetry in class XI MAN 1 Mojokerto, (3) comparison of poetry writing abilities in students class XI IPS 1 and XI IPS 2 MAN 1 Mojokerto through social media Instagram. Data collection techniques consisted of pretest and posttest.
This type of research is true experimental design. The population in this study were students of class XI IPS 1 and XI IPS 2 MAN 1 Mojokerto, with 33 students each. With class XI IPS 1 as an experimental class and class XI IPS 2 as a control class. The results of this study were conducted in two stages, namely pre-test and post-test students from the experimental class and the control class. Student learning outcomes in writing poetry through social media Instagram using random sampling techniques.
The results of the average pretest scores in the control class were 50.31 and the average posttest scores were 72.5. While the average pretest score in the experimental class was 60.30 and the average posttest score was 78.63. From the comparison of the results of the post-test scores of the two classes it can be concluded, that learning to write poetry through social media Instagram can improve students' ability to write poetry. In addition, the results of the t-test (0.793> 9.25). It can be concluded that there are significant differences in learning to write poetry between control classes without using random sampling techniques with the experimental class using random sampling techniques.
Poetry writing learning through social media Instagram using random sampling techniques that go very well according to the lesson plan (RPP). Active teachers in the learning process, this is indicated by the results of the percentage of teacher activity 81%. Students are very enthusiastic and happy in the learning process, this is indicated by a percentage of 65%. Likewise in the results of the questionnaire responses of students in the experimental class showed a positive response to the influence of Instagram social media on the ability to write poetry in class XI MAN 1 Mojokerto. So the overall answers of students' responses that are known can be concluded that learning to write poetry in social media Instagram can be accepted by students of class XI IPS. The majority of students answered "yes" by learning to write poetry on Instagram social media.