Dalam proses pembelajaran dikelas pastilah ditemukan beberapa permasalahan seperti kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnya minat belajar siswa. Akibatnya siswa menjadi kurang fokus, kurang termotivasi dan kurang tertarik memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Seringkali pula materi yang diterima oleh siswa belum sepenuhnya menggambarkan pengetahuan yang disampaikan oleh guru dikarenakan cara pembelajaran yang kurang maksimal dan tidak bervarian.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah membawa banyak perubahan yang sangat besar bagi kemajuan dunia pendidikan. Metode E-Learning yang mulai digunakan di sekolah-sekolah umumnya hanya sebatas pengiriman tugas dan pemberian bahan. Termasuk juga E-mail merupakan akun yang digunakan dalam mengirim tugas siswa kepada guru, sedangkan website sebagai fasilitas dalam mempublikasikan bahan ajar. Siswa hanya sebatas mengirim tugas dan tidak mengetahui tindak lanjut atas tugasnya. Siswa sering kali mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan ajar yang telah diajarkan oleh guru ketika diluar jam pelajaran sekolah. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian mengenai uji coba peggunaan media pembelajaran Schoology sebagai bahan ajar siswa, dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Schoology menjadi lebih efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disarankan untuk menggunakan media pembelajaran Schoology sebagai bahan ajar pada mata pelajaran teknik dan rekayasa pokok bahasan mengoperasikan power supply elektronika industri di SMK Negeri 1 Driyorejo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Kevalidan media pembelajaran Schoology yang didapat ditinjau dari validitas para validator mendapat prosentase sebesar 77,64%. Hal ini berarti menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, sedangkan kepraktisan media pembelajaran Schoology dari analisis respon siswa dimana hasil analisis angket respon siswa didapat presentase rata-rata sebesar 80,82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan Schoology ini praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata teknik dan rekayasa di SMK Negeri 1 Driyorejo.. Keefektifan dari media pembelajaran Schoology ini dapat dilihat dari nilai akhir belajar siswa yang telah melebihi KKM, dimana rerata nilai hasil akhir siswa adalah sebesar 86,44.
Berdasarkan kriteria kelayakan yang telah terpenuhi diatas, dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran Schoology yang di kembangkan ini adalah layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik dan rekayasa pokok bahasan mengoperasikan power supply elektronika industri di SMK Negeri 1 Driyorejo.
Kata Kunci: media pembelajaran, schoology, e-learning, kevalidan, keefektifan, kepraktisan.
In the classroom learning process, there must be some problems such as lack of student involvement in the learning process and lack of interest in student learning. As a result students become less focused, less motivated and less interested in paying attention to what is conveyed by the teacher. Often the material received by students does not fully describe the knowledge conveyed by the teacher because the learning method is not maximal and not variant.
The development of information and communication technology now has brought many very big changes to the advancement of the world of education. E-Learning methods that are starting to be used in schools are generally limited to the sending of assignments and the provision of materials. Also included E-mail is an account used in sending student assignments to teachers, while the website as a facility in publishing teaching materials. Students are only limited to sending assignments and do not know follow-up on their duties. Students often have difficulty in obtaining teaching materials that have been taught by the teacher when outside of school hours. The use of technology in learning is one solution to overcome these problems. Based on the results of research on testing the use of Schoology learning media as teaching materials for students, it can be seen that learning using Schoology learning media becomes more effective because it can improve student learning outcomes, so it is advisable to use Schoology learning media as teaching material in engineering and engineering subjects the subject of operating industrial electronics power supply at SMK Negeri 1 Driyorejo.
The results showed that the validity level of Schoology learning media obtained in terms of the validity of the validators received a percentage of 77.64%. This means that the media developed is included in the valid category, while the practicality of Schoology learning media from the analysis of student responses where the results of student response questionnaire analysis obtained an average percentage of 80.82%. So that it can be concluded that the learning media using Schoology is practical to be used as a learning media in the engineering and engineering eyes at SMK Negeri 1 Driyorejo. the end of the student is 86.44.
Based on the eligibility criteria that have been met above, it can be concluded that the Schoology learning media developed is feasible to be used as a learning media in engineering subjects and engineering subjects to operate industrial electronic power supply at SMK Negeri 1 Driyorejo.
Keywords: media learning, schoology, e-learning, validity, effectiveness, practicality