Persepsi Siswa EFL dalam Menggunakan Instagram di Pembelajaran Bahasa Inggris
EFL Students’ Perceptions in Using Instagram in English Language Learning
Dalam proses belajar mengajar, guru dapat menggunakan banyak media pembelajaran, khususnya Instagram. Instagram sebagai media sosial telah mempengaruhi masyarakat, terutama bagi siswa sekolah menengah. Penelitian ini menyelidiki persepsi siswa sekolah menengah atas menggunakan Instagram dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan rancangan mixed-method sequential explanatory design dengan kuesioner web survey tertutup yang diberikan kepada 77 siswa kelas 10 sampai kelas 12 di dua SMA di Gresik, Jawa Timur yang menerapkan media sosial dalam kegiatan belajar mengajarnya. Wawancara juga diperlukan untuk mengetahui persepsi siswa tentang dampak penggunaan Instagram dalam pembelajaran bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menganggap Instagram sebagai alat bagi siswa sekolah menengah atas untuk belajar bahasa Inggris dan berdampak pada siswa untuk memanfaatkan fitur-fitur di Instagram untuk tujuan yang lebih baik dalam belajar bahasa Inggris. Instagram menawarkan banyak kesempatan bagi guru dan siswa karena memiliki banyak fitur untuk digunakan, terutama selama pembelajaran online, sehingga lebih mudah dan membantu untuk terhubung. Selain itu, Instagram dapat memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris dari teman sebayanya dan mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Dengan melihat perspektif siswa melalui hasil data, Instagram adalah alat yang baik untuk belajar bahasa Inggris dan menghubungkan guru dan siswa selama pandemi.
Kata Kunci:persepsi, pembelajaran bahasa Inggris, Instagram
In teaching-learning, teachers can use many instructional media, especially Instagram. Instagram as social media has influenced society, especially for high school students. This research investigates high school students' perceptions of using Instagram in English language learning. This research used a mixed-method sequential explanatory design with a close-ended web survey questionnaire given to 77 students from the 10th grade until 12th grade in two senior high schools in Gresik, East Java which implement social media in their teaching and learning activities. An interview is also needed to know the students' perception concerning the impact of using Instagram in language learning. The results showed that the students perceive Instagram as a tool for senior high school students to learn English and impact the learners to utilize the features in Instagram for a better cause in learning English. Instagram offers many opportunities for teachers and students since it has plenty of features to use, especially during online learning, making it easier and helpful to connect. In addition, Instagram can motivate the students to learn English from their peers and develop their English skills. By seeing the students' perspectives through the data results, Instagram is a good tool for learning English and connecting teachers and students during a pandemic.
Keywords: perceptions, English learning, Instagram