ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dengan
rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII pada pembelajaran IPS
di SMP Negeri 30 Surabaya. Hal tersebut dikarenakan penggunaan model, metode,
dan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik
disana. Dari permasalahan tersebut, peneliti membantu memberikan penerapan
model pembelajaran yang dirasa sesuai dengan karakteristik peserta didik disana
yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media game
TEBAK AKU. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Team
Games Tournament (TGT)
dengan media pembelajaran game ” TEBAK AKU” dalam
meningkatkan minat belajar peserta didik selama proses kegiatan pembelajaran. (2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Team s
Games Tournament
(TGT) dengan media pembelajaran game ” TEBAK AKU” dalam meningkatkan
hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest - Posttest Nonequiva l lent Control Group Design . Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelasm VII. Sampel
yang digunakan yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII E
sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian adalah angket
dan soal pretest-posttest. Teknik analisis data angket yang digunakan yaitu T-test
dan menghitung rata-rata menggunakan excel . Sedangkan uji yang digunakan
untuk hasil belajar yaitu uji T-test dan N-gain score .
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh
model pembelajaran Team s
Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran game TEBAK AKU dalam meningkatkan
minat belajar yang dibuktikan
dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti
probabilitasnya di bawah 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti Ho ditolak dan H1
diterima. Selanjutny a,
dibantu dengan hasil perhitungan rata-rata dari data
angket minat belajar kelas eksperimen rata-rata hasil perhitungan menunjukkan
nilai sebesar 87,30263 dengan
kriteria pengaruh yang Sangat Tinggi . Penerapan model pembelajaran Team s Games Tournament (TGT)
dengan media pembelajaran game TEBAK AKU juga meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan nilai
Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti probabilitasnya di bawah 0,05 (0,000
< 0,05) yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil output N-gain
tes hasil belajar kelas eksperimen menunjukkan bahwa 0,5774
yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh dari penelitian ini menurut kriteria N-gain score adalah
memiliki efek sedang dan mendapatkan nilai kategori tafsiran sebesar 57,7377
yang dianggap cukup efektif terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : media game TEBAK AKU, minat
belajar, hasil belajar, TGT