Kata Kunci : Masyarakat Migran, Nilai Karakter, Pembelajaran IPS
Penerapan pendidikan karakter di sekolah dapat melalui pembelajaran IPS, karena pembelajaran IPS merupakan pembelajaran mengenai lingkungan sosial. Keharmonisan dan kerjasama dengan lingkungan perlu dipelihara dan dipupuk sebagai pengetahuan. Dalam penerapan prinsip-prinsip pembelajaran, aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan, guru dapat mengusahakannya melalui berbagai jenis sumber belajar. Salah satu sumber belajar dalam pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru kepada peserta didik yaitu sumber belajar melalui lingkungan sekitar yaitu masyarakat.
Masyarakat dalam kajian penelitian ini yaitu masyarakat migran yang memiliki budaya dan karakteristik yang berbeda sehingga kemajemukan tersebut terlihat dari pola hidup dan bahasa mereka sehari-hari. Mereka telah lama hidup berdampingan dan saling berinteraksi dengan menggunakan budaya umum lokal sehingga terciptanya kebersamaan dan keharmonisan dalam masyarakat yang multikultural. Sehingga dalam pelaksanakan kegiatan umum lokal masyarakat teridentifikasi nilai karakter masyarakat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penenltitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Dengan arti lain studi kasus merupakan penelitian dimana peneliti menggali suatu fenomena tertentu (kasus) dalam suatu waktu dan kegiatan serta mengumpulkan informasi secara rinci dan mendalam dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data selama periode tertentu.
Hasil penelitian ini adalah melalui pengidentifikasian nilai karakter pada masyarakat migran yang terdapat di kelurahan Wonokromo RW 5 Surabaya adalah melalui kegiatan kegiatan yang terdapat di dalam masyarakat yaitu kegiatan rutin dan kegiatan insidental sehingga terdapat 9 nilai karakter yaitu : religius, kerukunan, kerja sama, menjaga kekayaan budaya bangsa, cinta tanah air, kejujuran, menjaga lingkungan, persahabatan, empati dan solidaritas. Dari pengidentifikasian nilai-nilai karakter di dalam masyarakat dapat digunakan menjadi sumber nilai karakter dalam pembelajaran IPS disekolah dengan diintegrasikan ke dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Pengintegrasian nilai karakter dalam pembelajaran IPS dianalisis menggunakan teori belajar konstruktivistik yang dipelopori oleh Jean Piaget untuk disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik tingkat SMP. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat khususnya kepada guru pelajaran IPS untuk lebih memanfaatkan lingkungan masyarakat sebagai sumber nilai karakter dalam pemeblajaran.
Keywords: Migrant Society, Character Value, Social Studies Learning
The application of character education in schools can be through social studies learning, because social studies learning is learning about the social environment. Harmony and cooperation with the environment need to be nurtured and fostered as knowledge. In applying the principles of learning, active, effective, creative and fun, the teacher can work on it through various types of learning resources. One learning resource in learning that can be applied by teachers to students is learning resources through the surrounding environment, namely the community.
The people in this study are migrant people who have different cultures and characteristics so that pluralism can be seen from their daily lifestyle and language. They have long lived side by side and interact with each other by using local general culture so that the creation of togetherness and harmony in a multicultural society. So that in carrying out local public activities the community identifies the value of the community.
The approach used in this study is a qualitative approach. This study researchers used a case study research approach. This bound system is bound by time and place while the case can be assessed from a program, event, activity or individual and organization. With another meaning a case study is a research where researchers explore a certain phenomenon (case) in a time and activity and collect information in detail and in depth using various procedures for collecting data during a certain period.
The results of this study are through identifying character values in the migrant community in Wonokromo RW 5 Surabaya is through activities that are contained in the community, namely routine activities and incidental activities so that there are 9 character values, namely: religious, harmony, cooperation, maintaining the richness of national culture, love homeland, honesty, protecting the environment, friendship, empathy and solidarity. From identifying character values in the community it can be used as a source of character values in social studies learning in schools by being integrated into the syllabus and plan for implementing learning.
The integration of character values in social studies learning was analyzed using constructivist learning theory pioneered by Jean Piaget to suit the needs of junior high school students. It is expected that the results of this study can provide benefits especially to social studies teachers to better utilize the community environment as a source of character values in learning.