Studi Literatur Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning di Sekolah Menengah Kejuruan
Literature Study of the Implementation of the Quantum Learning Learning Model in Vocational High Schools
Abstrak
Quantum Learning adalah metode pembelajaran yang efektif dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Tujuan: (1) Manfaat/ keunggulan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), (2) Hambatan dalam penerapan model pembelajaran Quantum Learning. Metode artikel merupakan hasil tinjauan pustaka atau literature review. Hasil studi literatur ini yaitu: 1) Manfaat/ Keunggulan implementasi model pembelajaran Quantum Learning dapat memaksimalkan hasil belajar pada beberapa mata pelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sehingga Quantum Learning terbukti lebih efektif untuk digunakan, terbukti mampu memberi pengaruh yang positif pada hasil keseluruhan peserta didik yang berada dalam kategori tinggi, membuat siswa menjadi lebih aktif, kreatif, percaya diri, serta mampu meningkatkan motivasi belajar siswa; 2) Memiliki hambatan pada penyelenggaraannya, diantaranya model pembelajaran Quantum Learning dituntut profesionalisme dari seorang guru sebagai pengajar, membutuhkan dana serta fasilitas memadai yang tinggi, juga penguasaan serta penataan kelas yang memadai.
Kata Kunci: Hasil belajar, Model pembelajaran, Siswa, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Quantum Learning.
Abstract
Quantum Learning is an effective learning method and can create a fun learning atmosphere for students. Objectives: (1) The benefits/advantages of the Quantum Learning model for Vocational High School student learning outcomes, (2) Barriers to the application of the Quantum Learning model. The article method is literature review. The results of this literature study are: 1) The benefits/advantages of implementing the Quantum Learning model can maximize learning outcomes in several subjects in Vocational High School so that Quantum Learning is proven to be more effective to use, proven to be able to have a positive influence on the overall results of participants students who are in the high category, make students more active, creative, confident, and able to increase student motivation; 2) Has obstacles in its implementation, including the Quantum Learning model which requires professionalism from a teacher as a teacher, requires high adequate funds and facilities, as well as adequate mastery and class arrangement.
Keyword: Learning Outcomes, Learning Models, Students, Vocational High Schools, Quantum Learning.