Analisis Pemikiran Kritis Mahasiswa pada Penulisan Esai Argumentatif di Jurusan Bahasa Inggris UNESA
The Analysis of University Student's Critical Thinking on Argumentative Essay Writing in English Department of UNESA
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana berpikir kritis tercermin dalam tulisan argumentatif dan mengetahui bagaimana respon siswa dalam menerapkan berpikir kritis dalam menulis argumentatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris UNESA angkatan 2019 yang mengambil mata kuliah menulis argumentatif sebagai mata kuliah khusus menulis argumentatif C yang terbagi dalam kelompok tinggi dan kelompok rendah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan peneliti adalah rubrik penilaian dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menulis argumentatif cukup baik dan mereka dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan mengandalkan pemikiran kritisnya. Kesimpulannya, sebagian besar siswa menerapkan pemikiran kritisnya dalam menulis argumentatif dengan baik.
This research aimed to describe how critical thinking is reflected in the argumentative writing and find out how the student’s response of applying critical thinking in writing argumentative. The subject was English department students 2019 of UNESA who take argumentative writing class as a subject specifically in argumentative writing C which is divided into groups who are high group and low group. This research is descriptive qualitative as the research design. In order to obtain the data, the instrument used by the researcher were argumentative writing scoring rubric and questionnaire. The results show that student’s critical thinking in their argumentative writing was quite good and they can solve problems encountered by relying on their critical thinking. In conclusion, most of the students apply their critical thinking in writing argumentative was great.