Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
SARANA DAN PRASARANA DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
Kode Dokumen
:
0030/FIP-MP/2021
Penulis Utama
:
ARYUNA DINI RAHAYU
NIM Penulis Utama
:
17010714045
Tahun
:
2021
Judul ID
:
SARANA DAN PRASARANA DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
Judul EN
:
FACILITIES AND INFRASTRUCTURE TO SUPPORT ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Pendidikan - Jurusan S1 Manajemen Pendidikan - 17010714045 - 2021
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mereview pembelajaran daring, yang difokuskan pada aspek komponen sarana dan prasarana. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi literatur, pengumpulan data menggunakan data sekunder dengan menganalisis 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional dari data yang dikaji secara kualitatif kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis isi yaitu mengumpulkan data, mengolah data, dan menyimpulkan. Hasil review menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dengan memanfaatkan teknologi informasi. Sistem informasi pembelajaran yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran daring yaitu Zoom dan Google Classroom karena aplikasi ini mudah dalam memberikan pelayanan bagi pengguna. Aktivitas pembelajaran daring tidak lepas dari penggunaan gawai atau alat elektronik dan jaringan internet. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat kendala atau hambatan yang dialami seperti ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana yang belum memadai, diantaranya: 1) Konektivitas jaringan internet yang lemah, 2) Kebutuhan kuota internet yang tinggi, 3) Kepemilikan gawai yang tidak seluruh peserta didik miliki, dan 4) Keterampilan guru belum optimal dalam memanfaatkan teknologi informasi. Komponen keberhasilan kegiatan pembelajaran adalah salah satunya pada sarana dan prasarana yang mendukung, maka perlunya upaya untuk mengoptimalkan pembelajaran daring agar dapat diakses secara merata di seluruh wilayah Indonesia.
Abstrak EN
:
The writing of this article aims to review online learning, which focuses on the component aspects of learning facilities and infrastructure. The writing of this article uses the literature study method, data collection uses secondary data by analyzing 10 national articles and 10 international articles from the data that were reviewed qualitatively then analyzed using content analysis, namely collecting data, processing data, and concluding. The results of the review show that the implementation of online learning with utilize information technology. The learning information systems that are most widely used in online learning are Zoom and Google Classroom because these applications are easy to provide services to users. Online learning activities cannot be separated from the use of devices or electronic devices and internet networks. However, in its implementation there are obstacles that are experienced such as the availability of inadequate facilities, among others: 1) Weak internet network connectivity, 2) The need for high internet data, 3) Ownership of devices that not all students have, and 4) Skills teachers have not been optimal in utilizing information technology. The component of learning activities is one of the supporting facilities and infrastructure, so there is a need for optimize online learning so that it can be accessed evenly throughout Indonesia.
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran