Pengembangan Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique untuk Menentukan Penanganan Pelanggaran Siswa
Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique adalah sistem informasi monitoring pelanggaran yang dapat menentukan penanganan pelanggaran siswa sesuai total poin pelanggaran yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah dapat menghasilkan Sistem Informasi untuk memonitoring pelanggaran serta mengetahui kelayakan sistem informasi dalam menentukan penanganan pelanggaran siswa sesuai jumlah poin pelanggaran. Penelitian.ini menggunakan rancangan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 15 guru yang berasal dari SMK Negeri 1 Surabaya. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, hasil validasi aplikasi oleh 3 pakar ahli dan kuesioner respon pengguna. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sistem informasi bimbingan dan konseling mendapatkan penilaian sebesar 87,8% dengan kategori sangat valid untuk digunakan sebagai sistem informasi dalam memonitoring pelanggaran. Sedangkan pada hasil penilaian kuisioner respon pengguna pada aplikasi yang dikembangkan menunjukan persentase sebesar 84,5% dengan kategori sangat valid yang mendapat tanggapan positif untuk dijadikan sebagai aplikasi pencatatan, pengelolaan data dan penentu penanganan pelanggaran siswa..
Information System for Guidance and Counseling using the Simple Multi Attribute Rating Technique method is a violation monitoring information system that can determine the handling of student violations according to the total points of violations committed. The purpose of this research is to produce an Information System for monitoring violations and to find out the feasibility of an information system in determining the handling of student violations according to the number of points of violation. This research uses the ADDIE development model design. This study used a sample of 15 teachers from SMK Negeri 1 Surabaya. The data sources of this study were obtained from interviews, the results of application validation by 3 expert experts and user response questionnaires. The results showed that the guidance and counseling information system received an assessment of 87.8% with a very valid category to be used as an information system in monitoring violations. Meanwhile, the results of the user response questionnaire assessment in the developed application showed a percentage of 84.5% with a very valid category that received positive responses to be used as a recording application, data management and determinants of student violation handling.