Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan mendengarkan dalam berbahasa inggris. Tidak hanya melalui kegiatan formal di dalam kelas, namun juga dapat dilakukan secara mandiri di luar kelas. Menulis jurnal mendengarkan termasuk salah satu kegiatan belajar mandiri yang dapat membantu siswa untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka. Penelitian ini berfokus pada bagaimana para siswa melakukan kegiatan belajar mandiri diluar kelas menggunakan jurnal mendengarkan dan untuk mendeskripsikan persepsi mereka tentang kegiatan tersebut. Penelitian. Subyek dari penelitian ini adalah dua puluh tiga mahasiswa di kelas Academic Listening C di UNESA. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis secara kualitatif dengan menerapkan tiga langkah; pengenalan & pengorganisasian, pengkodean & pengurangan, dan penafsiran & penggambaran. Hasil dari penelitian menunjukkan, jurnal mendengarkan merupakan kegiatan luar kelas yang seru dan ,menyenangkan. Jurnal mendengarkan juga membawa banyak manfaat untuk mahasiswa, seperti, menjadi lebih tahu tentang apa yang mereka butuhkan untuk proses belajarnya sendiri, memperoleh pengetahuan baru, memperoleh kosa kata baru dan meningkatkan kemampuan mendengarkan. Namun, beberapa mahasiswa menganggap bahwa kegiatan menulis jurnal mendengarkan adalah aktivitas luar kelas yang membosankan.
Many ways could be done to improve listening skills in learning English. Not only through formal classes activity, but also through out-of-class independent learning. Conducting a listening log is considered as an independent learning activity that can improve students’ listening skills. Therefore, this research aimed to find out how the students are conducting independent listening using listening logs and to describe students’ perceptions towards the activity. The subject of this study were twenty-three students in the Academic Listening C class in UNESA. To collect the data, the researcher used a semi-structured interview. The data were analyzed qualitatively by applying three stages; familiarizing & organizing, coding & reducing, and interpreting & representing. The results of the study showed that conducting listening logs is fun and diverting as an independent listening activity. By keeping listening logs, the students also gain many benefits, such as becoming aware of their learning, acquiring new knowledge, learning new vocabularies, and improving their listening skills. However, some students considered keeping listening logs is boring as their independent listening activity.