KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ATLET DAN PELATIH BULUTANGKIS DI IRWAN BADMINTON ACADEMY
INTERPERSONAL COMMUNICATION AMONG ATHLETES AND BADMINTON COACHES AT IRWAN BADMINTON ACADEMY EXECUTIVE BOARD
Latar Belakang Masalah: Komunikasi antara pelatih dan atlet memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan dalam olahraga, baik saat latihan maupun pertandingan. Salah satu bentuk komunikasi yang diterapkan antara pelatih dan atlet adalah komunikasi interpersonal. Penelitian ini berfokus pada komunikasi interpersonal, dimana dalam komunikasi interpersonal terdapat lima unsur utama yang meliputi keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan tujuan bersama. Setiap unsur berkontribusi dalam membangun komunikasi yang efektif, memperkuat motivasi, dan menciptakan lingkungan latihan yang mendukung perkembangan atlet secara holistik. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal antara atlet dan pelatih bulutangkis di Irwan Badminton Academy. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari 3 orang pelatih, 5 orang atlet putra, dan 5 orang atlet putri di Irwan Badminton Academy. Temuan/Hasil: Hasil menunjukkan bahwa hubungan yang sehat dan produktif antara pelatih dan atlet tidak hanya memengaruhi performa atlet di lapangan, tetapi juga membentuk karakter dan ketahanan mental atlet. Kesimpulan: Komunikasi interpersonal yang terjadi antara pelatih dan atlet berjalan dengan baik, sehingga peluang atlet untuk meraih prestasi akan semakin besar. Hal ini juga dibuktikan dari hasil observasi dan wawancara, bahwa atlet dapat menunjukkan dan meningkatkan prestasi latihannya, serta semangat motivasi yang dimiliki dapat selalu terjaga.
Kata kunci: Atlet; Bulutangkis; Komunikasi Interpersonal; Irwan Badminton Academy
Background Problems: Communication between coaches and athletes has an important role in achieving goals in sports, both during training and competition. One form of communication applied between coaches and athletes is interpersonal communication. This research focuses on interpersonal communication, where in interpersonal communication there are lime main elements which include openness, empathy, support, positive attitude, and common goals. Each element contributes to building effective communication, strengthening motivation, and creating a training environment that supports the holistic development of athletes. Research Objectives: This study aims to determine how interpersonal communication between athletes and coaches at the Irwan Badminton Academy. Methods: This research is a descriptive qualitative approach. The collection method uses interviews, observation, and documentation. The informants in this study amounted to 13 consisting of 3 coaches, 5 man athletes, and 5 woman athletes at Irwan Badminton Academy Executive Board. Findings/Results: The results show that a healthy and productive relationship between coaches and athletes not only affects athletes' performance on the field, but also shapes athletes' character and mental resilience. Conclusion: Interpersonal communication that occurs between coaches and athletes goes well, so the opportunity for athletes to achieve achievements would be even greater. This is also evident from the results of observations and interviews, that athletes can show and improve their training performance, and the spirit of motivation that can always be maintained.
Keywords: Athlete; Badminton; Interpersonal Communication; Irwan Badminton Academy.