PENGGUNAAN GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA NARATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
USING GOOGLE SITE TO ENHANCE STUDENTS’ NARRATIVE WRITING SKILLS IN JUNIOR HIGH SCHOOL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Situs Google untuk mengajarkan menulis narasi meningkatkan kemampuan menulis siswa. Terdapat tiga puluh siswa kelas dua SMP yang berpartisipasi dalam penelitian yang dirancang dengan metode campuran pra-eksperimental. Melalui observasi kelas dan pemberian pretest dan posttest, data dikumpulkan. Penulisan kolaboratif dengan pendekatan proses menulis digunakan untuk perlakuan, kemudian diobservasi dan ditulis dengan menggunakan catatan lapangan sebagai data kualitatif. Selain itu, nilai ujian siswa diukur oleh rubrik penulisan Jacobs dkk. menjadi data kuantitatif. Nilai tersebut dianalisis dengan menggunakan T-Test pada SPSS 25. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes pendahuluan adalah 63,77 dengan nilai tes akhir 76,27 dengan nilai signifikansi 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa mengajarkan menulis narasi kepada siswa melalui Google Site dapat meningkatkan kemampuan menulis mereka. Selain itu, ini adalah situs web yang mudah digunakan dan gratis untuk dibuat bagi guru dan juga siswa. Hal ini membantu siswa untuk belajar mandiri dengan senang dan antusias terutama ketika mereka membuat Situs untuk E-portofolio dan bekerja secara kolaboratif.
This study aimed to determine whether using the Google Site to teach narrative writing improved students' writing abilities. There were thirty students of second grade junior high school participating in the research which designed in pre-experimental mixed method. Through classroom observations and the administration of pretest and post-test, the data gathered. Collaborative writing with a writing process approach was used for the treatment, then an observation was written using field note as the qualitative data. Besides that, the student’s test scores measured by Jacobs et al. writing rubric was being the quantitative data. The score was analyzed using a T-Test on SPSS 25. The outcome revealed that the preliminary test mean score was 63,77 with 76,27 as the final test with a significance value of 0.001. It demonstrated that teaching narrative writing to students through Google Site could enhance their writing ability. Moreover, it was an easy-to-use and free website to create for the teacher as well as the student. It helped the students to learn independently with enjoyment and enthusiasm especially when they created the Site for the E-portfolio and worked collaboratively.