PRAKTIK PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS FESTIVAL DI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA
FESTIVAL BASED AUTHENTIC ASSESSMENT PRACTICES AT MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA HIGH SCHOOL
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan melakukan penilaian pembelajaran yang efektif. Terdapat banyak kegiatan penilaian, salah satunya adalah melalui penilaian proyek. Kegiatan penilaian berbasis festival adalah salah satu penilaian proyek dengan bentuk penilaian yang melibatkan festival sebagai bentuk perayaan dan penghargaan atas prestasi peserta didik dalam pembelajaran. Penilaian festival dapat dikategorikan sebagai penilaian autentik. Landasan teori yang digunakan yaitu teori penilaian autentik dari John Mueller dengan prinsip proses, mencerminkan masalah, menggunakan ukuran penilaian dan bersifat holistik. Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan secara jelas praktik kegiatan penilaian autentik berbasis festival yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya dan untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan kegiatan peniaian autentik di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penilaian autentik berbasis festival di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya telah dilaksanakan dengan cukup baik. Terdapat beberapa kendala yang terjadi seperti penilaian lembar kemajuan proyek yang tidak terdapat rubrik penilaian khusus untuk lembar kemajuan proyek, tidak terdapat reward tersendiri untuk kelompok yang hasil karyanya unik dan menarik, serta waktu pelaksanaan dan penilaian unjuk karya yang sangat singkat.