Pada kondisi pembelajaran secara PTMT (Pembelajaran Tatp Muka Terbatas) belum adanya media khusus yang mampu menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi ciri-ciri bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian adalah mengembangkan Kartu Soal Berbasis Augmented Reality sehingga dapat dijadikan salah satu media pembelajaran yang layak (kevalidan, kepraktisan, dan keefektifitasan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Development oleh Borg and Gall. Proses penelitian ini memiliki beberapa tahapan antara lain: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan produk; (3) pengembangan draf produk; (4) validasi produk; (5) revisi desain produk; (6) uji coba lapangan skala kecil dengan 15 siswa; (7) dan revisi akhir. Jenis data pada penlitian ini yakni kuantitatif dan kualitatif yang berdasarkan dari hasil wawancara, lembar validasi ahli, lembar respon pengguna (siswa), dan lembar pretest-postest. Media Kartu Soal Berbasis Augmented Reality memperoleh tingkat kevalidan sebesar 86% dari hasil uji validasi materi dan media dengan kategori sangat baik tanpa revisi. Tingkat kepraktisan media ini sebesar 92,2% dengan kategori sangat praktis untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Dan pada tingkat keefektifitasan media Kartu Soal Berbasis Augmented Reality mendapatkan skor sebesar 86,6% serta nilai N-gain sebesar 0,48 yang artinya media Kartu Soal Berbasis Augmented Reality mampu meningkatkan hasil belajr siswa dengan kategori sedang.
Kata Kunci: bangun ruang, matematika, augmented reality
In PTMT (Limited Face-to-Face Learning) learning conditions, there is no special media that is able to attract and improve student learning outcomes in the material characteristics of building spaces in class V Elementary School. The purpose of the study was to develop appropriate Augmented Reality-Based Question Card media (validity, practicality, and effectiveness) in improving student learning outcomes. This research belongs to the type of Research and Development research by Borg and Gall. The research process has several stages, including: (1) research and data collection; (2) product planning; (3) product draft development; (4) product validation; (5) product design revision; (6) small-scale field trials with 15 students; (7) and final revision. The types of data in this study are quantitative and qualitative based on the results of interviews, expert validation sheets, user (student) response sheets, and pretest-posttest sheets. The Augmented Reality-Based Question Card Media obtained a validity level of 86% from the results of the material and media validation test with a very good category without revision. The level of practicality of this media is 92.2% with a very practical category to be used as learning media. And at the level of effectiveness of the Augmented Reality-Based Question Card media, it gets a score of 86.6% and the N-gain value of 0.48, which means that Augmented Reality-Based Question Card media is able to improve student learning outcomes in the medium category.
Keywords: build space, math, augmented reality