Pengembangan Manajemen Diklat Berbasis Digitalisasi
Development Of Digitalization Based Education And Training Management
Tujuan dari penulisan artikel yaitu menguraikan secara umum tentang pengembangan manajemen diklat di era digital atau revolusi industri 4.0 dalam meningkatkan kualitas bagi sumber daya manusia itu sendiri yang tentunya dapat berguna bagi individu maupun suatu lembaga. Penulisan dalam artikel digunakan pendekatan berupa pendekatan kualitatif dengan metode Systematic Literature Review dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis). Hasil pencarian data digunakan berupa metode pengumpulan data seperti jurnal atau artikel yang didapatkan dari jurnal atau artikel nasional dan internasional yang terdapat di Scopus, Emerald, dan Google Scholar. Dari hasil temuan dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin pesat perkembangan zaman maka semakin sengit persaingan antar lembaga, oleh karena itu pula semakin besar tuntutan suatu lembaga terhadap pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam praktiknya, pada era digital atau revolusi industri 4.0 ini pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan dengan efektif dan efisien melalui pendidikan dan pelatihan digital.
Kata kunci : manajemen diklat, digitalisasi
The purpose of writing the article is to describe in general the development of training management in the digital era or the 4.0 industrial revolution in improving the quality of human resources themselves, which of course can be useful for individuals and institutions. Writing in the article used a qualitative approach with the Systematic Literature Review method with the PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis) model. The data search results are used in the form of data collection methods such as journals or articles obtained from national and international journals or articles contained in Scopus, Emerald, and Google Scholar. From the findings and discussion, it can be concluded that the faster the times, the fiercer the competition between institutions, therefore the greater the demands of an institution for the development of quality human resources. In practice, in the digital era or industrial revolution 4.0, human resource development can be carried out effectively and efficiently through digital education and training.
Keywords : training management, digitization