ANALISIS KERUSAKAN JALAN DAN PRIORITAS PENANGANAN DI KOTA SURABAYA WILAYAH SELATAN
Road Damage Analysis and Handling Priorities In The City Of Surabaya Selatan Region
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang menunjang mobilitas masyarakat. Penggunaan jalan seiring dengan waktu menimbulkan berbagai jenis kerusakan, sehingga dibutuhkan pemeliharaan ataupun perbaikan serta prioritas penanganan untuk menjaga kondisi jalan dalam keadaan yang baik. Tujuan studi ini untuk menganalisis jenis kerusakan pada jalan di kota Surabaya wilayah Selatan dengan perkerasan lentur dan perkerasan kaku, menentukan nilai kondisi setiap jalan yang diobservasi, dan memberikan ranking prioritas penanganan pemeliharaan ataupun perbaikan. Metode yang digunakan pada studi ini menggunakan metode literatur, observasi, dokumentasi, dan analisis PCI (Pavement Condition Index). Observasi dilakukan pada 11 jalan dengan perkerasan lentur dan 2 jalan dengan perkerasan kaku. Hasil yang diperoleh adalah kerusakan retak lebih dominan dan dapat ditemukan pada seluruh jalan yang diobservasi, baik perkerasan lentur maupun perkerasan kaku. Hasil nilai kondisi rata-rata jalan yang memiliki nilai terendah adalah Jalan Margorejo Indah jalan kelas III B jalur kiri sebesar 28,0 dengan kondisi buruk (poor) pada perkerasan lentur, sedangkan pada perkerasan kaku, didapat pada Jalan Aditiyawarman jalan kelas III A jalur kanan sebesar 52,0 dengan kondisi sedang (fair). Pada prioritas penanganan pada perkerasan lentur difokuskan pada ada Jalan Raya Dukuh Kupang seksi 3 dengan nilai sebesar 21,0 dengan kondisi sangat buruk (very poor) yang direkomendasikan perbaikan untuk kerusakan tingkat high severity dan pemeliharaan untuk kerusakan tingkat medium severity, sedangkan pada perkerasan kaku diutamakan pada Jalan Aditiyawarman jalur kanan seksi 3 dengan nilai 39,0 dengan kondisi yang buruk (poor) yang direkomendasikan pemeliharaan untuk kerusakan tingkat medium severity.
Kata Kunci: Kerusakan Jalan, Metode PCI (Pavement Condition Index), Prioritas Penanganan
Roads are land transportation infrastructure that supports community mobility. The use of roads over time causes various types of damage, so maintenance or repair is needed as well as priority handling to maintain road conditions in good condition. The purpose of this study is to analyze the types of damage to roads in the southern city of Surabaya with flexible pavement and rigid pavement, determine the value of the condition of each observed road, and give priority rankings for maintenance or repair. The method used in this study uses literature, observation, documentation, and PCI (Pavement Condition Index) analysis. Observations were made on 11 roads with flexible pavement and 2 roads with rigid pavement. The results obtained are that crack damage is more dominant and can be found on all observed roads, both flexible and rigid pavements. The result of the average condition value of the road that has the lowest value is Jalan Margorejo Indah, class III B road, left lane of 28.0 with poor conditions (poor) on flexible pavement, while on rigid pavement, it is obtained on Adityawarman Road, class III A road, right lane. of 52.0 with moderate conditions (fair). The priority of handling on flexible pavement is focused on Jalan Raya Dukuh Kupang section 3 with a value of 21.0 with very poor condition which is recommended for repairs for high severity damage and maintenance for medium severity damage, while on rigid pavements priority is given. on Jalan Adityawarman right lane section 3 with a value of 39.0 with a poor condition that is recommended maintenance for medium severity damage.
Keywords: Road Damage, Pavement Condition Index (PCI) Method, Priority Handling