Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto
Kode Dokumen
:
0071/FISH-PPKN/2020
Penulis Utama
:
ASKHABUL YAMIN
NIM Penulis Utama
:
16040254058
Tahun
:
2020
Judul ID
:
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto
Judul EN
:
Development of Learning Media Based on Android Application of National Integration Material in a Unity in Diversity Frame for Class X Students of SMAN 1 Puri Mojokerto
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Jurusan S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan - 16040254058 - 2020
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
ABSTRAK
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Integrasi Nasional Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto
Nama
: Askhabul Yamin
NIM
: 16040254058
Program Studi
: S-1 PPKn
Jurusan
: PMP-Kn
Fakultas
: Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga
: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
: Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang pesat memberikan dampak pada perkembangan media pembelajaran. Pada era globalisasi saat ini, teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat, salah satunya yaitu pada perkembangan teknologi mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran dan mendeskripsikan kelayakan empiris media pembelajaran berbasis aplikasi android materi integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika bagi siswa kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto. Proses pengembangan media pembelajaran berdasarkan model pengembangan Borg and Gall, dan menggunakan teori Kerucut Pengalaman Dale. Kelayakan media pembelajaran ditinjau dari kevalidan diperoleh melalui validasi yang dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi melalui angket validasi, kepraktisan diperoleh melalui angket respon siswa dan keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa aspek pengetahuan yaitu pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (Mixed Design) dan bersifat dominant less dominant, yang dominant dalam penelitian ini yakni model penelitian R&D (Research and Development) sedangkan yang less dominant yakni penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang hanya dibatasi sampai tahap 7 yakni revisi produk. Hasil dari pengembangan media pembelajaran yang telah memperoleh kriteria layak ini kemudian diujicobakan pada siswa kelas X IPS 4 SMAN 1 Puri Mojokerto dengan jumlah 24 siswa. Hasil penelitian kelayakan media pembelajaran berdasarkan tingkat kevalidan memperoleh persentase rata-rata sebesar 91.5%, kepraktisan media memperoleh skor persentase rata-rata sebesar 78.9% dengan kriteria sangat layak. Tingkat keefektifan media dinilai berdasarkan hasil tes siswa yang memperoleh nilai tuntas sebesar 79.1% dengan peningkatan pengetahuan rata-rata sebesar 0.43 dengan kriteria sedang. Penilaian aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan aplikasi android mendapat persentase sebesar 96.9% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci : Media pembelajaran, Android, Integrasi nasional
Abstrak EN
:
ABSTRACT
Development of Learning Media Based on Android Application of National Integration Material in a Single Unity in Diversity Frame for Class X Students of SMAN 1 Puri Mojokerto
Name
: Askhabul Yamin
NIM
: 16040254058
Study Program
: S-1 Education of Pancasila and Citizenship
Major
: PMP-Kn
Faculty
: Social Sciences and Law
Name of Institution
: State University of Surabaya
Supervisor
: Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd.
The rapid development of Science and Technology (IPTEK) has an impact on the development of instructional media. In the current era of globalization, information technology is developing very rapidly, one of which is the development of mobile technology. This study aims to describe the process of developing learning media and describe the empirical feasibility of learning media based on android applications of national integration material in a single diversity frame for students of class X of SMAN 1 Puri Mojokerto. The process of developing interactive multimedia is based on the Borg and Gall development model, and uses the Dale Experience Cone theory. The feasibility of learning media in terms of validity is obtained through validation carried out by the validator of the media expert and material expert through the validation questionnaire, practicality is obtained through the student response questionnaire and effectiveness is obtained from the student learning outcomes aspects of knowledge namely pretest and posttest. This study uses a mixed approach (Mixed Design) that is dominant less dominant, the dominant in this study is the R&D (Research and Development) research model while the less dominant one is pre-experimental research with one group pretest posttest design. This research development uses the R&D (Research and Development) method which is only limited to stage 7 namely product revision. The results of the development of instructional media that have obtained proper criteria were then tested on students of class X IPS 4 of SMAN 1 Puri Mojokerto with a total of 24 students. The results of the feasibility study of learning media based on the level of validity obtained an average percentage of 91.5%, the practicality of the media obtained an average percentage score of 78.9% with very decent criteria. The effectiveness level of the media was assessed based on the test results of students who obtained a complete score of 79.1% with an increase knowledge by an average of 0.43 with moderate criteria. The assessment of student activities while participating in learning using the android application gets a percentage of 96.9% with very good criteria.
Keywords: Learning media, Android, National integration
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran