KONSTRUKSI STRUKTURAL DALAM NOVEL KUTUNGGU JANDAMU DI JAKARTA KARYA BUDI ANGGORO: PERSPEKTIF DOMINASI MASKULIN PIERRE BOURDIEU
STRUCTURAL CONSTRUCTION IN KUTUNGGU JANDAMU NOVEL IN JAKARTA PERSPECTIVE DOMINATION OF MASCULIN PIERRE BOURDIEU
ABSTRAK
Nama Mahasiswa : Bagus Jihanuddin Rasyidi
NIM : 15020074007
Prodi/Jurusan : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Parmin, M. Hum
Tahun : 2020
Kata Kunci: Kutunggu Jandamu Di jakarta, Strukturasi kekuasaan, Dominasi Maskulin.
Budaya yang tercermin dalam konflik yang dialami para tokoh sering tidak disadari oleh masyarakat. Mitos-mitos mengenai perempuan dan tugasnya dalam masyarakat diyakini sebagai sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Kewajiban tersebut seringkali merugikan perempuan karena diposisikan sebagai pihak yang terdominasi. Maka dari itu, perspektif Pierre Bourdieu mengenai dominasi maskulin akan digunakan untuk mengkaji novel ini.
Dalam hal ini peneliti ingin meniliti novel Kutunggu Jandamu di Jakarta, terhadap topik yang di bahas melalui tokoh-tokoh yang dalam novel Kutunggu Jandamu di Jakarta, novel tersebut juga belum pernah di kaji menggunakan teori pasca struktural, terutama dominasi maskulin. Alasan memilih teori strukturasi kekuasaan prespektif Pierre Bourdieu yaitu khusus meneliti dan membahas gagasan tentang dominasi maskulin cukup faktual dan rinci. Kekerasan simbolik yang ada pada tokoh dalam novel Kutunggu Jandamu di Jakarta menurut prespektif Pierre Bourdieu belum pernah di teliti, sehingga penulis merasa tertarik untuk mengkaji lebih lanjut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan objektif. Pendekatan objektif memusatkan perhatian yang ada pada karya sastra tersebut..
Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, dalam modal terdapat tiga modal yaitu modal ekonomi, modal budaya, dan modal sosial. Pada setiap modal tersebut dimiliki oleh beberapa tokoh yang pertama tokoh Haydar yang memiliki modal ekonomi terbanyak. kedua, dalam kelas terdapat tiga kelas, yaitu kelas dominan, kelas borjuis kecil, dan kelas populer. Dalam kelas dominan sesuai dengan data yang ada bahwa pada tokoh Haydar yang memiliki modal ekonomi yang lebih banyak sehingga ia mampu mendominasi para tokoh lain, kelas borjuis kecil sesuai dengan data bahwa pada tokoh Pak Iwan yang berkeinginan keras untuk menaiki tangga sosial, kelas popular sesuai dengan data yang ada bahwa dimiliki oleh tokoh Satrio.
ABSTRACT
Name: Bagus Jihanuddin Rasyidi
Study Program / Department: Indonesian Language and Literature Education
Faculty of Language and Art
Name of Institution: Surabaya State University
Supervisor: Drs. Parmin, M. Hum
Year: 2020
Keywords: I waited for your widow in Jakarta, power structuration, masculine domination.
The culture reflected in the conflicts experienced by the figures is often not realized by the public. The myths about women and their duties in society are believed to be an obligation that must be fulfilled. These obligations often harm women because they are positioned as a dominated party. Therefore, Pierre Bourdieu's perspective on masculine domination will be used to study this novel.
In this case the researcher wants to examine the Kutunggu Jandamu novel in Jakarta, on topics discussed through the characters in the Kutunggu Jandamu novel in Jakarta, the novel has never been examined using post-structural theory, especially masculine domination. The reason for choosing Pierre Bourdieu's perspective of power structuring theory is that he specifically researches and discusses the idea of masculine domination quite factually and in detail. The symbolic violence that exists in the characters in the Kutunggu Jandamu novel in Jakarta according to Pierre Bourdieu's perspective has never been examined, so the writer feels interested to study further. The approach used in this research is an objective approach. The objective approach focuses attention on the literary work.
The results of this study are first, in capital there are three capital namely economic capital, cultural capital, and social capital. Each capital is owned by some of the first figures Haydar who has the most economic. second, there are three classes in the class, namely the dominant class, the petty bourgeois class, and the popular class, the petty bourgeoisie class is in accordance with the data that in the figure of Pak Iwan who is eager to climb the social ladder, the popular class according to the data that is owned by Satrio's character.