UTILIZATION OF TIK TOK AS A WEDDING YOGANSA PROMOTION MEDIA DURING PANDEMIC
Yogansa Wedding ialah jasa rias pengantin yang terletak di jalan Lidah Wetan 7, Surabaya, Jawa Timur dan berdiri sejak 2007. Usahanya mengalami penurunan pada awal masa pandemi, tetapi saat ini sudah mulai diperbolehkan dan Yogansa Wedding mulai melakukan promosi dengan menggunakan media sosial yaitu Tik tok dengan mengunggah konten mengenai tata rias pengantin dan paket wedding dengan akun bernama yogansa_wedding dan saat ini sudah mencapai 50.900 pengikut. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif, yang mana data primer didapatkan melalui wawancara bersama pemilik Yogansa Wedding, sedangkan data sekunder didapatkan berdasar pada sumber pustaka dan hasil penelitian terdahulu serta dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat dari wawancara menunjukan bahwa Tik tok bermanfaat sebagai media promosi Yogansa Wedding pada masa pandemi. Antusiasme masyarakat pada media sosial menjadi salah satu tolak ukur dari efektivitas penggunaan media sosial sebagai tempat promosi yang mudah dijangkau oleh semua orang secara lebih luas. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan dari usaha Yogansa Wedding sehingga semakin banyak konsumen yang mengetahui rias pengantin dari Yogansa Wedding.
Kata Kunci: Pemanfaatan Tik tok, Media Promosi, Rias Pengantin.
Yogansa Wedding is a bridal makeup service located on Jalan Lidah Wetan 7, Surabaya, East Java and was established in 2007. Its business experienced a decline at the beginning of the pandemic, but now it has started to be allowed and Yogansa Wedding has started promoting using social media, namely Tik tok by uploading content about bridal makeup and wedding packages with an account called yogansa_wedding and currently has 50,900 followers. This research is a qualitative descriptive study, in which primary data was obtained through interviews with the owner of Yogansa Wedding, while secondary data was obtained based on library sources and the results of previous research and documentation. The results obtained from interviews show that Tik Tok is useful as a promotional media for Yogansa Wedding during the pandemic. Public enthusiasm for social media is one of the benchmarks for the effectiveness of using social media as a promotional place that is easily accessible to everyone more broadly. This is very influential on the development of Yogansa Wedding's business so that more and more consumers are aware of Yogansa Wedding's bridal makeup.
Keywords: Utilization of Tik tok, Promotional Media, Bridal Makeup.