Kurikulum pendidikan di Indonesia merupakan kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk belajar mandiri. Dalam belajar mandiri siswa akan menentukan media belajar yang mendukungnya. Perkembangan media belajar semakin inovatif dengan adanya media berbasis komputer seperti multimedia interaktif. Mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat pemerintah Indonesia menyediakan e-book (BSE) sebagai salah satu sumber belajar materi kubus dan balok. E-book yang disediakan memiliki beberapa kekurangan sehingga dapat diperbarui dalam bentuk lain yang dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar materi kubus dan balok. Perbaruan tersebut dapat dilakukan dengan menggabungkan multimedia interaktif dengan e-book, karena multimedia interaktif memiliki fitur-fitur tambahan seperti video, audio, dan animasi yang dapat membantu siswa belajar. Oleh karena itu, dikembangkan e-book interaktif materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP sebagai bentuk inovasi media belajar dan e-book pemerintah (BSE).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan e-book interaktif dan menghasilkan sebuah e-book interaktif pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Model yang digunakan untuk melakukan penelitian pengembangan ini adalah model Plomp. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa SMP kelas VIII yang belum menerima materi kubus dan balok.
Proses pengembangan e-book interaktif ini menggunakan model Plomp dengan rincian: (1) fase investigasi awal yang meliputi analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis kebutuhan siswa. (2) Fase desain yang meliputi merancang isi, tampilan, dan instrumen. (3) Fase realisasi yang meliputi pengembangan isi, tampilan, dan instrumen. (4) Fase tes, evaluasi, dan revisi yang meliputi penilaian e-book interaktif oleh validator, revisi e-book interaktif, dan uji coba media kepada siswa. Hasil dari penelitian ini adalah e-book interaktif materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII. E-book interaktif yang dikembangkan merupakan e-book interaktif yang dikembangkan merupakan media yang baik, karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. E-book interaktif yang dikembangkan memiliki kriteria valid dengan nilai 2,94. Praktis dengan nilai 83,85% yang ditunjukkan berdasarkan angket respon siswa. Efektif dengan nilai 83,33% yang ditunjukkan berdasarkan nilai tes hasil belajar siswa.
Kata kunci : e-book interaktif, belajar mandiri, kubus dan balok
Indonesia education curriculum had been Kurikulum 2013 wich requires students to do self study. Students had to determine learning media that support their self study. Technology world developed rapidly. As a result, a lot of computer based learning media was developed like interactive multimedia. Indonesia developed an e-book named BSE as one learning source for study cube and cuboid to keep up with technology world develops. BSE still had weakness that could be updated. The innovation could be done by combining interactive multimedia and e-book. Interactive multimedia had many features, such us video, audio, animation, etc, which could help student with problem in cube and cuboid. So, interactive e-book about cube and cuboid for 8th grade student needed to be developed as innovation of learning media and BSE.
This study aimed to know the developing process of interactive e-book and to produce an interactive e-book about cube and cuboid for 8th grade student with criteria valid, practical, and effective. This study was carried out using Plomp model. Subject for this study was 6 students from 8th grade who had not studied about cube and cuboid.
The developing process of interactive e-book had four phase, they were: initial investigation; design; realization; test, evaluation, and revision. First phase was initial investigation that consists of curriculum analysis, material analysis, and student need analysis. Second phase was design that consists of the content design, the display design, and the instrument design. The third phase was realization phase, that consists of content development, display development, and instrument development. The forth phase was test, evaluation, and revision that consists of interactive e-book validation by validator, interactive e-book revision, and trials for the student. The result of this study was interactive e-book about cube and cuboid for student in 8th grade. That interactive e-book was a good media, because it was satisfy valid, practical, and effective criteria. Interactive e-book that had been developed had valid criteria with score 2,94. Practical with score 83,85% that was shown by student response questionnaire. Effective with score 83,33% that was shown by the result of learning outcomes test.
Keywords: interactive e-book, self study, cube and cuboid