Kajian Semiotika Video Musik Berjudul Instagram Oleh Dean
A Semiotic Study of a Music Video titled Instagram by Dean
Abstrak
Video musik adalah sebuah karya gambar bergerak yang mendampingi sebuah lagu agar sebuah pesan dapat tersampaikan kepada khalayak umum. Video musik berperan penting bagi musisi untuk media promosi dan marketing pada sebuah lagu. Sebuah video musik akan dikatakan berhasil ketika pesan dapat diterima dan sekaligus menggugah emosi para penontonnya. Oleh karena itu penelitian ini mengangkat sebuah video musik yang berjudul “Instagram” oleh penyanyi Korea Selatan bernama Dean (Kwon Hyuk) yang diunggah pada kanal YouTube miliknya. Dalam video musik “Instagram” digambarkan fenomena dari efek kecanduan media sosial khususnya Instagram yang dapat menurunkan kesehatan mental dan menyebabkan timbulnya sifat psikopatologi khususnya bagi pengguna aktif usia remaja. Berbeda dengan video musik yang beredar di Korea Selatan yakni K-Pop pada umumnya, video musik “Instagram” menggunakan pendekatan emosional dengan munculnya tanda-tanda yang berupa simbol dan ikon yang memiliki sebuah interpretasi pesan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce untuk mengkaji tanda yang terkandung dalam visualisasi video musik “Instagram”. Pengkajian semiotika juga memperhatikan teori-teori desain yang nampak, dengan menggunakan paradigma konstruktif diharapkan tanda yang tersaji dalam video musik “Instagram” dapat dikaji dengan fenomena yang terjadi di masyarakat masa kini tentang dampak negatif penggunaan media sosial yang berlebihan khususnya pada remaja.
Kata Kunci: Semiotika, Video Musik, Instagram, K-pop
Abstract
Music video is a work of moving pictures that accompany a song so that a message can be conveyed to the general public. Music videos play an important role for musicians for media promotion and marketing on a song. A music video will be said to be successful when the message can be received and at the same time arouse the emotions of the audience. Therefore this study raised a music video titled "Instagram" by a South Korean singer named Dean (Kwon Hyuk) uploaded on his YouTube channel. In the music video "Instagram" illustrated the phenomenon of the effects of social media addiction, especially Instagram that can reduce mental health and cause psychopathological traits, especially for active users in their teens. Unlike the music videos circulating in South Korea, namely K-Pop in general, the "Instagram" music video uses an emotional approach with the appearance of signs in the form of symbols and icons that have a message interpretation. This research is a descriptive qualitative study using Charles Sanders Peirce's semiotic analysis method to examine the signs contained in the "Instagram" music video visualization. The study of semiotics also pays attention to design theories that appear, using the constructive paradigm, it is hoped that the signs presented in the "Instagram" music video can be assessed with the phenomena occurring in contemporary society about the negative impact of excessive use of social media especially on teenagers.
Keyword: semiotic, music video, Instagram , K-pop