Pengembangan Media Aplikasi Kuma Jisho Untuk Pembelajar Bahasa Jepang Dengan Metode ADDIE
Development Of Kuma Jisho Application Media For Japanese Learners Using The ADDIE Method
Media merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi. Menurut Pratita (2017: 32), berkurangnya motivasi belajar bahasa Jepang meliputi keterbacaan kanji, kosakata baru yang sulit dipahami, unsur gramatikal, kurangnya pemahaman keseluruhan tentang isi bacaan, dan model pembelajaran yang digunakan guru. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti. Anda bisa memotivasi diri sendiri untuk belajar bahasa Jepang dengan menggunakan media. Media digital merupakan media pembelajaran. Oleh karena itu,disurvei kali ini user interface / user experience yang adalah kamus pola kalimat bahasa Jepang-lndonesia yang bertujuan untuk menentukan kelayakan media dan reaksi pengguna terhadap media.
user interface / user experience kamus pola kalimat bahasa Jepang-bahasa Indonesia untuk pelajar bahasa Jepang menggunakanmetode pengembangan model analisis , desain , pengembangan , implementasi , serta evaluasi ADDlE dan singkatan. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Untuk memperoleh hasil data kualitatif dan kuantitatif, peneliti menggunakan lembar validasi dan angket yang disebarkan melalui media Google Form.
Hasil akhir dari survei ini adalah bahwa antarmuka pengguna / pengalaman pengguna kamus pola kalimat Jepang-lndonesia untuk pelajar bahasa Jepang dievaluasi oleh verifikator media pada tingkat 77,8% dan dapat dianggap sebagai media yang berharga. Dengan mendapatkan skor 475 pada tingkat 79,2%, kami juga mendapatkan respon positif dari pengguna media yang tergolong respon yang baik. Dengan hasil tersebut maka media ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Media is one way to get information. According to Pratita (2017: 32), diminished motivation to learn Japanese includes readability of kanji, new vocabulary that is difficult to understand, grammatical elements, lack of overall understanding of reading content, and learning models used by teachers. lt is caused by several factors such as. You can motivate yourself to learn Japanese using the media. Digital media is a medium for learning. Therefore, the surveyed this time user interface / user experience is a Japanese-lndonesian sentence pattern dictionary aimed at determining the feasibility of media and the reaction of users to media.
User lnterface / User Experience The Japanese-lndonesian sentence pattern dictionary for Japanese learners usesof model development methods analysis , design , development , implementation , and ADDlE evaluation and abbreviations. This study uses qualitative and quantitative data. To obtain qualitative and quantitative data results, researchers used validation sheets and questionnaires distributed through the media Google Form.
The final result of this survey is that the user interface / user experience Japanese-lndonesian sentence pattern dictionary for Japanese learners is evaluated by media verifiers at a rate of 77.8% and can be regarded as valuable as media. By getting a score of 475 at a rate of 79.2%, we also got a positive response from media users, which can be classified as a good response. With these results, this media can be used as a learning medium.