Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan salah satu peserta didik informasi bahwa peserta didik masih memiliki kesulitan yaitu dalam keterampilan berbicara karena kurangnya praktik. Ada beberapa aspek yang harus dikuasai saat berbahasa Jerman, seperti bagaimana pemilihan suatu kata untuk menyusun kalimat, isi dan kemampuan berdialog, kefasihan dan keterkaitan antar kalimat, ketepatan dalam pelafalan, intonasi. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar keterampilan berbicara. Model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajairan Pair Check.. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan kerja sama antar siswa, meningkatkan pemahaman atas konsep dan proses pembelajaran, melatih siswa berkomunikasi dengan baik dengan teman sebangkunya (Huda, 2013 : 212). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana hasil belajar dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check. Tujuan dari penellitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check untuk kelas X semester 2. Data penelitian ini adalah hasil tes keterampilan berbicara secara berdialog peserta didik yang berupa skor nilai. Penelitian dilaksanan sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan berdasarkan KKM dengan nilai rata-rata pertemuan pertama 70,8, pertemuan kedua 89,3 dan 83,4 pada pertemuan ketiga
Kata Kunci : Model Pembelajaran Pair Check, Keterampilan Berbicara, Hasil Belajar
Based on interviews that have been conducted with one of the informant students that students still have difficulties, namely in speaking skills because of lack of practice. There are several aspects that must be mastered when speaking German, such as how to choose a word to compose sentences, content and ability to dialogue, fluency and the interrelationship between sentences, accuracy in pronunciation, intonation. Therefore a learning model is needed to find out the results of learning speaking skills. The learning model that can be used is the Pair Check learning model. This learning model can improve collaboration between students, improve understanding of the concepts and learning processes, train students to communicate well with their peers (Huda, 2013: 212). The formulation of the problem in this study is, how the learning outcomes in German speaking skills of students using the Pair Check learning model. The purpose of this research is to find out the results of learning German speaking skills of students by using the Pair Check learning model for class X semester 2. The data of this study are the results of dialogue skills in speaking skills in the form of value scores. The study was conducted in 3 meetings. The results showed that students experienced an increase based on KKM with the first meeting average score of 70.8, second meeting 89.3 and 83.4 at the third meeting
Keywords: Pair Check Learning Model, Speaking Skills, Learning Outcomes