PENGGUNAAN WEB-BASED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH MENGGUNAKAN STRATEGI BERPIKIR KREATIF
USE OF WEB-BASED LEARNING IN SECONDARY SCHOOLS USING A CREATIVE THINKING STRATEGY
Kompetensi yang diperlukan dalam abad 21 ini, biasa disebut dengan “The 4Cs”. Yang memiliki arti diantaranya adalah berpikir kreatif, berpikir kritis, komunikasi dan kolaborasi. Keterampilan-keterampilan tersebut diperlukan oleh guru untuk mengajar peserta didik sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menghadapi tantangan era industri 4.0. Revolusi 4.0 ini akan menjadikan pembelajaran di sekolah menengah tidak terlepas dari teknologi informasi berupa web. Keberhasilan proses pembelajaran berbasis teknologi adalah dengan keterlibatan siswa secara aktif dalam memahami dan menggunakan web-based learning secara efektif dan efisien. Selain itu juga strategi berpikir kreatif akan terus dibutuhkan untuk mendukung inovasi baru didalam dunia pendidikan. Pada studi literatur ini, maka peneliti memfokuskan pada analisis mengenai penggunaan web-based learning di sekolah menengah menggunakan strategi berpikir kreatif. Studi literatur ini berisi 11 temuan dari studi penelitian sebelumnya. Empat strategi diadopsi dari Torrance Test of Creative Thinking (TTCT), yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration.
Kata kunci : Pendidikan, Pembelajaran Berbasis Web, Strategi Berpikir Kreatif
The competence required in this 21st century, commonly referred to as "The 4Cs". What has meaning is creative thinking, critical thinking, communication and collaboration. These skills are required by teachers to teach students in an effort to improve their competence in the face of industry era 4.0 challenges. This Revolution 4.0 will make secondary school learning inseparable from information technology in the form of the web. The success of technology-based learning processes is that students actively understand and use web-based learning effectively and efficiently. In addition, creative thinking strategies will continue to be needed to support new innovations in the world of education. In this literature study, researchers focused on analyzing web-based learning in high school using creative thinking strategies. This literature study contains 11 findings from previous research studies. Four strategies were adopted from the Torrance Test of Creative Thinking (TTCT), namely fluency, flexibility, originality and elaboration.
Keywords: Education, Web-Based Learning, Creative Thinking Strategies