PENGARUH KARAKTER RELIGIUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 21 SURABAYA
THE INFLUENCE OF RELIGIOUS CHARACTER ON THE LEARNING INSPIRATION OF CLASS VIII UNDERSTUDIES OF SMP NEGERI 21 SURABAYA
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan dasar mata pelajaran untuk pembentukan moral dan ideologis bagi generasi yang sesuai dengan ideology bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Oleh karena itu, seorang pendidik harus mampu membentuk karakter siswa dengan berdasar nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang meliputi aspek spiritual, sosial, mental, dan emosional, terutama dalam pembelajaran PPKn di sekolah. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh karakter religius terhadap motivasi belajar peserta didik khususnya dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling yang dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Surabaya yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner berupa angket kepada siswa kelas VIII A-J. Sebanyak 262 responden berhasil dikumpulkan dan ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh karakter religious terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter religious peserta didik memiliki pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 38%, akan tetapi masih tergolong rendah dalam mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 21 Surabaya. Oleh karena itu, masih perlu berbagai upaya yang harus dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan
Kata Kunci: Karakter Religius, Motivasi Belajar, Peserta Didik, Pembelajaran PPKn
Pancasila and Citizenship Education is the basis of subjects for moral and ideological formation for the generation in accordance with the ideology of the Indonesian nation, namely Pancasila. Therefore, an educator must be able to shape the character of students based on the values contained in Pancasila which include spiritual, social, mental, and emotional aspects, especially in PPKn learning at school. The purpose of the study was to determine the influence of religious character on students' learning motivation, especially in the learning process of PPKn. This research was carried out using a descriptive quantitative method with a simple random sampling technique conducted on grade VIII students at SMP Negeri 21 Surabaya which was collected through the distribution of questionnaires in the form of questionnaires to students in grades VIII A-J. A total of 262 respondents were successfully collected and participated in this study. The data collected will then be analyzed using multiple linear regression analysis to determine the influence of religious character on the learning motivation of grade VIII students of SMP Negeri 21 Surabaya. The results of the study showed that the religious character of students had a significant influence of 38%, but it was still relatively low in influencing the learning motivation of grade VIII students at SMP Negeri 21 Surabaya. Therefore, there is still a need for various efforts that must be made by teachers in increasing the learning motivation of students in following the learning process carried out
Keywords: Religious Character, Learning Motivation, Students, PPKn Learning