Peningkatan Nilai Kognitif Peserta Didik Menggunakan Media Trainer Basic Pada Materi Listrik Dinamis
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media Trainer Basic sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep Listrik Dinamis ditinjau dari validitas dan keterlaksanaan pembelajaran, mengetahui keefektifan Trainer Basic sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan nilai kognitif peserta didik materi Listrik Dinamis serta implikasinya terhadap peningkatan nilai kognitif pada konsep materi listrik dinamis. Metode penelitian yang digunakan ini mengikuti tahapan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Trainer Basic dirancang melalui modifikasi dengan penambahan resistor, kapasitor, dan induktor.Media Trainer Basic diimplementasikan dalam pembelajaran kelas dengan mengambil sampel melalui pre test dan post test, kemudian dilakukan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Trainer Basic valid sebagai media pembelajaran ditinjau dari validitas media pembelajaran beserta perangkat, adapun berdasarkan keterlaksanaan Trainer Basic baik digunakan sebagai media pembelajaran, serta berdasarkan hasil belajar untuk ranah kognitif dinyatakan valid sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan nilai kognitif peserta didik pada materi Listrik Dinamis, sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Trainer Basic dapat meningkatkan nilai kognitif peserta didik dan pada pembelajaran berikutnya mampu meningkatkan pemahaman konsep khususnya dalam bidang fisika pada materi Listrik Dinamis.
Kata kunci : Kurikulum; Media Pembelajaran; Listrik Dinamis.
AbstraCT
The is aim of this research was s to determine the appropriateness of the Basic Trainer media as a learning medium in improving the understanding of the concept of Dynamic Electricity in terms of the validity and feasibility of learning, knowing the effectiveness of the Basic Trainer as a learning medium in increasing the cognitive value of students on Dynamic Electricity material and its implications for increasing cognitive value in the concept of material. dynamic electricity. The research method used is following the stages of ADDIE model development (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The Basic Trainer is designed through modification with the addition of resistors, capacitors, and inductors. The Basic Trainer is implemented in classroom learning by taking samples through pre-test and post-test, then evaluating. The results showed that the Basic Trainer is valid as a learning medium in terms of the validity of the learning media and the tools, while based on the implementation of the Basic Trainer it is good to be used as a learning medium, and based on the learning outcomes for the cognitive realm it is declared valid as a learning medium in increasing the cognitive value of students in the Electrical material. Dynamic, so it can be concluded that the Basic Media Trainer can increase the cognitive value of students and in subsequent lessons, it can increase understanding of concepts, especially in the field of physics on Dynamic Electricity material.
Keywords: Curriculum; Learning Media; Dynamic Electricity.