Penulisan ini bertujuan untuk memperkenalkan air terjun Burung Walet agar diketahui oleh masyarakat luas dan menjadi tempat wisata yang maju di bidang ekonomi, pariwisata, maupun budaya. Air terjun ini berada di Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur. Metode perancangan yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kekuatan yang dimiliki tempat ini ada pada keasrian dan kesejukannya, kelemahan ada pada kurangnya media promosi sehingga belum banyak yang mengetahui, peluang yang ada yaitu sebagai tempat referensi baru untuk berlibur, dan ancamannya yaitu adanya persaingan video promosi tempat wisata lainnya. Video promosi air terjun Burung Walet yang telah dibuat oleh penulis ini disambut positif oleh warga Lombok serta Pemerintah Lombok untuk mendukung kemajun, serta perbaikan fasilitas yang ada agar pengunjung tertarik untuk mengunjunginya.
Kata Kunci: video promosi, tempat wisata
This writing aims to introduce the Walet waterfall to be known by the wider community and become an advanced tourist place in the fields of economy, tourism, and culture. This waterfall is located in Tete Batu Village, Sikur District, East Lombok Regency. The design method used is observation, interview, and documentation. The strength of this place is in the beauty and coolness, the weakness is in the lack of promotional media so that not many know, the opportunities that exist are as a new reference place for vacationing, and the threat is the competition of promotional videos for other tourist attractions. The video promotion of the Walet waterfall that has been made by the author was positively welcomed by Lombok residents and the Government of Lombok to support progress, as well as improving existing facilities so that visitors are interested in visiting it.
Keywords: video promotion, tourist attractions