Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data tentang Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, dan Solusi dari hambatan yang terjadi dalam Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas data yang meliputi triangulasi dan membercheck. Selanjutnya dilakukan Uji transferabilitas dan Uji dependabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, kondensasi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar, maka diperlukan sebuah adanya strategi. SMPN 1 Turi Lamongan memiliki beberapa strategi untuk pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu Membangun Kerjasama dengan Siswa dalam Pembelajaran, Menciptakan Iklim Pembelajaran yang Kondusif, Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Dalam strategi pengelolaan kelas ada faktor yang mendukung antara lain: faktor kurikulum, sarana, guru, siswa,keluarga. Dalam strategi pengelolaan kelas akan ditemui berbagai faktor penghambat. Hambatan tersebut bisa datang dari guru sendiri, dari peserta didik, lingkungan keluarga ataupun karena faktor fasilitas. Solusi dalam mengatasi hambatan strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan cara memaksimalkan programnya,dan apabila ada faktor penghambat dari keluarga maka siswa perlu dibimbing dari keluarga, dan diperlukan kesadaran yang tinggi dari siswa akan hak dan kewajibannya.
Kata Kunci : Strategi Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar, Siswa
Abstract : This research aims to describe and analyze the data about the pre-eminent Class management strategies in improving student learning Achievements, factor endowments and restricting factors in Winning Class in management strategies Improve student learning, Achievement and the solution of resistance occurring in the Superior Class management strategies in improving the Learning Achievements of students in 228 1 Turi Lamongan. This research uses qualitative type of approach. Data collection is done using interviews, observation, and study the documentation. Test the validity of the data is done through a test of the credibility of the data include triangulation and membercheck. The next Test was done transferability test and dependability test. Technique of data analysis is performed by means of collecting data, the condensation of data, presents data, as well as verification and assertion inference. Research Results Strategy Management of superior classes in improving learning achievement Strategy is needed. Turi Lamongan 1 Public Middle School has several strategies namely Building Collaboration with Students in Learning, Creating a Conducive Learning Climate, Evaluating the Teaching and Learning Process. In the classroom management strategy there are factors that support, among others: curriculum factors, facilities, teachers, students, families. In class management strategies there will be obstacles, these obstacles can come from the teacher himself, from students, family environment or due to facilities. Solutions in overcoming obstacles in managing superior classes in improving student learning achievement by maximizing the program. If the inhibiting factors are from the family, students need to be guided from the family and need a high awareness of the students about their rights and obligations.
Keywords: Classroom Management Strategies, Learning Achievements, Students