Grandparenting merupakan pengasuhan anak yang dilakukan oleh kakek dan nenek. Pengasuhan anak menjadi tanggungjawab kedua orangtuanya, namun karena beberapa faktor tanggungjawab tersebut dialihkan kepada keluarga yang lebih luas. Terdapat sepuluh keluarga yang menyerahkan tanggungjawab pengasuhan anak kepada kakek dan nenek. Hal itu terjadi karena orangtua bekerja keluar kota, perceraian kedua orangtua. Oleh karena itu kakek dan nenek wajib membentuk karakter anak dengan pengasuhan yang diterapkan oleh kakek nenek dengan itu anak lebih memiliki karakter yang baik dan sama pada umumnya.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk menggali data dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini juga didukung dengan keabsahan data yakni kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan kakek dan nenek dalam pembentukan karakter anak di TK Dharma Wanita I Drokilo. Dalam pola asuh yang dilakukan oleh kakek nenek menerapkan 3 indikator dalam metode penelitian yakni 1). Mengasuh dengan memberikan pujian, 2). Mengasuh dengan memberikan nasihat, 3). Mengasuh dengan memberikan hukuman. Kemudian dalam pengasuhan di terapkan Pendidikan karakter anak yakni 1). Keagamaan 2). Kemandirian 3). Kedisiplinan.
Kata kunci: Grandparenting, pembentukan karakter
Grandparenting is a childcare that carried out by Grandfather and Grandmother. Childcare is the responsibility of Children Parents, but due to several factors. The responsibility was transferred to the other family member. There was ten families that transfer their parenting responsibilities to the children’s grandfather and grandmother. It happened because the children’s parent work out of the town, divorce both parents. Thats why, grandfather and grandmother must build children’s character with the care that they apply, so the children can have a better character and is the same in general.
This research uses description qualitative research. Collecting the data is done by using the observation method, interview and documentation. Then do data analyse use data reduction, data presentation and data verification. This research also supported by data validity namely credibility, dependability, confirmability,and transferability.
The result showed that the parenting methods used by grandparents in the formation of children’s character in TK Dharma Wanita I Kindergarten Drokilo. In the parenting practice by grandparents apply 3 indicators in the research method namely 1). Parenting by giving praise, 2). Parenting by giving advice, 3). Parenting by giving punishment. Then in the care applied children’s character education namely 1). Religious, 2) Independece, 3). Discipline.
Keywords : Grandparenting, Character Building