Satisfaction Analysis of Shipping Service Users at the Tanjung Perak Main Office of Harbormaster in Surabaya on Service Performance of Sailing Approval Letter Issuance
Standar tingkat kepuasan pengguna jasa pelayaran menjadi penting terhadap pelayanan surat kapal berlabuh, karena surat tersebut menjadi inti semua kapal yang akan berlayar. Pada pembuatan Surat Persetuuan Berlayar (SPB) di Kantor Kesyahbandaraan Surabaya ada beberapa masalah yang terjadi dalam hal pelayanan surat berlayar. Sikap petugas SPB yang masih belum menjalankan secara optimal kepada pengguna jasa pelayaran dan juga terjadi ketidakpastian waktu dalam hal penerbitan surat berlayar. Dengan cara menganalisis kepuasan pengguna jasa pelayaran terhadap kinerja pelayanan penerbitan surat persetujuan berlayar. Populasi pada penelitian ini yaitu Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya. Populasi yang digunakan ialah semua para pengguna jasa pelayaran yang sudah memohon untuk menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar yang berjumlah 5786 awak kapal dalam rekapitulasi 3 bulan, karena populasi lebih dari 100 maka dapat diambil 5%. Jadi jumlah sampel yang didapat sebesar 159 responden. Hasil perhitungan dengan Customer Satisfaction Index (CSI) keseluruhan menunjukkan tingkat kepuasan pengguna jasa pelayaran sebesar 49 % dimana nilai tersebut berada dalam kategori kurang puas dan perlu adanya perbaikan atribut diantaranya adalah petugas syahbandar melaksanakan pemeriksaan fisik di atas kapal dengan batas waktu yang tertera di peraturan (kode A4) dan petugas syahbandar menerbitkan surat persetujuan berlayar secara tepat waktu (kode A6). Perlu diberikan kotak pengaduan saran yang ditujukan pada petugas maupun perusahaan supaya dapat mengevaluasi tingkat pelayanan. Petugas seharusnya tidak menyepelekan saat bertugas dan perlu adanya evaluasi terhadap petugas tentang tingkat kinerjanya, dengan cara ini kepuasan pengguna jasa pelayaran akan dapat ditingkatkan dan tidak terjadi kendala dipenerbitan SPB
The satisfaction level standard of shipping service users is important for ship docked mail services, because the letter is the core of all ships that will sail. In the making of Sailing Decree (SPB) at the Surabaya Harbormaster Office there were several problems that occurred in terms of sailing mail services. The attitude of SPB officers who are still not running optimally to users of shipping services and there is also time uncertainty in terms of issuing sailing letters. By analyzing the satisfaction of shipping service users with the service performance of issuing sailing approval letters. The population in this study is the Tanjung Perak Main Office of the Harbormaster, Surabaya. The population used is all shipping service users who have requested to issue a Sailing Approval Letter totaling 5786 crew members in a 3-month recapitulation, because the population is more than 100, 5% can be taken. So the number of samples obtained was 159 respondents. The results of calculations with the overall Customer Satisfaction Index (CSI) show the level of satisfaction of shipping service users by 49% where this value is in the less satisfied category and there needs to be an improvement in attributes including the harbormaster officer carrying out a physical check on the ship with the time limit stated in the regulation ( code A4) and the harbormaster officer issues a sailing approval letter in a timely manner (code A6). It is necessary to provide a complaint complaint box aimed at both officers and companies in order to evaluate the level of service. Officers should not underestimate while on duty and there needs to be an evaluation of the officers on their performance levels, in this way the satisfaction of shipping service users will be increased and there will be no obstacles in the issuance of SPB.