Perkembangan fashion di Indonesia mengalami peningkatan di beberapa dekade terakhir. Fenomena hijab nampaknya menjadi bagian dari gaya hidup. Seiring dengan perkembangan hijab fashion di Indonesia dan meningkatnya minat wanita muslimah pun bersaing untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar pasar dan mengembangkan kreatifitas membuat jilbab yang fashionable. Dari tahun ke tahun Zoya terus memberikan kreasi dan inovasi baru pada desain jilbabnya. Mulai dari desain yang eksklusif hingga inovasi bahan yang terus mengutamakan kenyamanan penggunanya. Berbagai penghargaan mulai dari Top Brand hingga Best Band diraih dalam tiga tahun berturut-turut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh gaya hidup konsumtif dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian jilbab Zoya di Surabaya Pusat.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode judgemental sampling dan sampel yang digunakan sebanayak 220 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah membeli jilbab segi empat merek Zoya minimal 2 kali pembelian, dan responden dalam penelitian ini berusia 18-35 tahun. Penyebaran angket secara offline dengan menggunakan skala likert dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup konsumtif berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan terdapat hasil yang berbeda dari variabel kualitas produk dimana pada variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup Konsumtif, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Fashion, Hijab
The development of fashion in Indonesia has increased in the last few decades. The phenomenon of the veil seems to be part of a lifestyle. As the development of fashion headscarves in Indonesia and invite Muslim interests can meet market needs and develop creativity to make fashionable headscarves. From year to year Zoya continues to provide new creations and innovations to her hijab designs. Ranging from exclusive designs to promotional materials that continue to give priority to the comfort of its users. Various awards ranging from Top Brand to Best Band achieved in three years were agreed. This study discusses to analyze and discuss consumer lifestyle and product quality on Zoya hijab purchasing decisions in Central Surabaya.
The sampling technique used was non-probability sampling with judgmental sampling method and the sample used was 220 respondents. The population in this study are consumers who have bought a Zoya square hijab at least 2 times, and respondents in this study bought 18-35 years. The distribution of offline questionnaires using a Likert scale and the analysis used is multiple linear regression analysis.
The results showed that consumptive lifestyle significantly influence purchasing decisions. While the results are different from the product quality variable, where the product quality variable is not significant to the purchasing decision.
Keywords: Consumptive Behavior, Consumptive Lifestyle, Product Quality, Purchasing Decisions, Fashion, Hijab