Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Pamekasan dan SMA Negeri 3 Pamekasan
Principal's Leadership in Improving the Quality of Education in Senior High Schools 1 Pamekasan and Senior High Schools 3 Pamekasan
ABSTRAK
Muin, Abdul. 2020. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Pamekasan dan SMA Negeri 3 Pamekasan. Disertasi, Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Murtadlo, M. Pd. dan (II) Prof. Dr. H. Haris Supratno.
Kata Kunci: Mutu, perbaikan, lembaga pendidikan.
Permasalahan mutu telah menarik perhatian berbagai organisasi di dunia. Pada awalnya, pergerakan perbaikan mutu dimulai dari perusahaan manufaktur yang kemudian menyebar ke berbagai aspek pelayanan seperti perbankan, asuransi, kesehatan, pemerintahan, dan dunia pendidikan. Pendekatan untuk meningkatkan mutu mulai menjadi tren penelitian baik dalam produk ataupun jasa. Setiap lembaga pendidikan pada hakikatnya terus berusaha dalam meningkatkan mutu lembaganya yang dibuktikan dengan output lulusan yang berkualitas
Fokus penelitian ini, ada tiga: (1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membanngun mutu pendidikan di SMA Negeri l Pamekasan dan SMA Negeri 3 Pamekasan (2) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam membangun mutu di SMA Negeri l Pamekasan dan SMA Negeri 3 Pamekasan.. (3) Bagaimana mutu kepemimpinan yang dihasilkan dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri l Pamekasan dan SMA Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan desain multi situs. Penelitian dilakukan di (1) SMA Negeri 1 Pamekasan (2) SMA Negeri 3 Pamekasan. Objek penelitian adalah gaya dan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun Mutu. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data digunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu. Penelitian ini menggunakan rancangan multi situs, maka analisis data dilakukan dalam dua tahap yakni analisis data situs individu dan analisis data lintas situs.
Hasil penelitian ini adalah; Pertama, gaya kepemimpinan yang diterapkan disesuaikan dengan asas kebutuhan kepala sekolah yaitu menggunakan gaya kepemimpinan sesuai dengan potensi sumber daya yang ada dan membangun kemampuan melalui kinerja kepala sekolah berdasarkan gaya kepemimpinan yang efektif. Kedua, penerapan strategi Manajemen Mutu Terpadu (MMT) digunakan dalam membangun mutu pendidikan dengan memperbaiki sistem pendidikan secara keseluruhan yang melibatkan semua elemen sekolah. Kepala sekolah juga menjalin relasi yang baik terhadap pihak-pihak terkait, baik internal maupun eksternal sekolah. Ketiga. Mutu kepemimpinan yang dihasilkan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah yaitu mampu menciptakan sekolah yang produktif dan berkualitas serta mampu membangun mental organisasi yang efektif dan efisien.
ABSTRACT
Muin, Abdul. 2020. Principal's Leadership in Improving the Quality of Education in Senior High Schools 1 Pamekasan and Senior High Schools 3 Pamekasan. Dissertation, Doctoral Program in Management of Education, Postgraduate, Universitas Negeri Surabaya. Promotor (I) Prof. Dr. H. Murtadlo, M. Pd. and (II) Co. Promotor: Prof. Dr. H. Haris Supratno.
Keywords: Quality, improvement, educational institution.
Quality problems have attracted the attention of various organizations in the world. Initially, the quality improvement movement began with manufacturing companies, which then spread to multiple aspects of services such as banking, insurance, health, government, and education. The approach to improving quality is starting to become a research trend in both products and services. Each educational institution, in essence, continues to strive to improve the quality of its institutions as evidenced by the output of quality graduates
The focus of this research: (1) How is the principal's leadership style in developing the quality of education in SMA Negeri Pamekasan and SMA Negeri
3 Pamekasan (2) What is the principal's strategy in building quality in SMA Negeri l Pamekasan and SMA Negeri 3 Pamekasan. (3) What is the quality of leadership produced in the style of leadership of principals in SMA Negeri 1
Pamekasan and SMA Negeri 3 Pamekasan.
This study uses a qualitative approach to the type of case studies and multi- site design. The study was conducted at (1) SMA Negeri 1 Pamekasan (2) SMA Negeri 3 Pamekasan. The object of research is the principal's leadership style and strategy in building quality. Data collected through in-depth interviews, observation, and documentation. Obtain the validity of the data; this research use source triangulation, methodological triangulation, and time triangulation. This study uses a multi-site design; then, data analysis divided into two stages, namely individual site data analysis and cross-site data analysis.
The results of this study are; First, the leadership style that is applied and adjusted to the principle of the principal's needs, namely to use the leadership style by the potential of existing resources and build capabilities through the performance of the principal based on an effective leadership style. Second, the implementation of the Integrated Quality Management (MMT) strategy in building the quality of education by improving the overall education system that involves all elements of the school. The school principal also has a good relationship with related parties, both internal and external, to the school. Third. leadership quality emerges from principal's leadership style can produce productive and qualified school and effective and efficient mentally organization