STUDI LITERATUR : ANALISIS PRAKTIK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
LITERATURE STUDY: ANALYSIS OF PHYSICS LEARNING TO TRAIN PROBLEM SOLVING SKILLS IN HIGH SCHOOL
Pemecahan masalah (problem solving) merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki peserta didik di abad 21, terutama pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikator yang digunakan pada keterampilan pemecahan masalah, menganalisis praktik pembelajaran (model, media pembelajaran, dan materi) fisika yang dapat melatih keterampilan pemecahan masalah peserta didik tingkat SMA, dan menganalisis penyebab peserta didik kesulitan memecahkan masalah fisika. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan analisis bibliometrik. Data penelitian diperoleh dari 21 artikel yang diseleksi melalui Publish or Perish yang terindikasi Scopus dari tahun 2016-2020 dalam bentuk article journal dan conference paper. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 15 penulis artikel memenuhi empat indikator keterampilan pemecahan masalah menurut G. Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah dan melakukan evaluasi. Berdasarkan hasil kajian studi literatur didapatkan beberapa rekomendasi model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan pemecahan masalah, yaitu model pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang menekankan pada student centered learning dan bantuan media teknologi, seperti PBL, pembelajaran inkuiri, PjBL, dan pembelajaran kolaboratif, terutama pada materi mekanika. Hasil lain didapatkan faktor utama penyebab peserta didik kesulitan memecahkan masalah fisika adalah guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Problem solving is one of the skills that must be possessed by students in the 21st century, especially in physics subjects. This study aims to analyze indicators of problemsolving skills, analyze the learning practices (learning models, learning medias, and materials) of physics that can train the problem-solving skills of high school students, and analyze the causes of problem-solving difficulties faced by students. This method of research used literature studies with bibliometric analysis. The research data taken from 21 articles selected through Publish or Perish in the Scopus database indicated from 2016-2020 in the form of article journals and conference papers. The results of the data analysis shows that the 15 authors of the article qualified four indicators of problem-solving skills according to G. Polya, namely understanding problems, planning solutions, solving problems as planned, and rechecking all steps and conducting evaluations. Based on the results of the study of literature studies obtains several recommendations of learning models that can train problem solving skills, namely learning models with scientific approaches that emphasize on student centered learning and technology media assistance, such as PBL, inquiry learning, PjBL, and collaborative learning, especially in mechanical subjects. Another result obtains the main factor that causes students difficulty solving physics problems is that teachers still use conventional learning methods.