The Influence of Fear of Negative Evaluation (FNE) on Impulsive Buying in Generation Z
Pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan generasi Z menjadi lebih mudah terpapar iklan suatu produk dan mengakses online shop, sehingga generasi Z lebih rawan melakukan pembelian impulsif. Salah satu penyebab generasi Z melakukan pembelian impulsif adalah ketakutan akan dinilai negatif oleh orang lain, atau istilahnya Fear of Negative Evaluation (FNE). Karakteristik generasi Z yang cenderung FOMO dan butuh pengakuan atau validasi dapat memicu Fear of Negative Evaluation (FNE) yang berujung pada pembelian impulsif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Fear of Negative Evaluation (FNE) terhadap pembelian impulsif pada generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 289 responden. Alat ukur yang digunakan dalam kuesioner merupakan alat ukur yang diadaptasi sekaligus diterjemahkan dari Brief Fear of Negative Evaluation – straightforward items (BFNE-S) dan kuesioner Buying Impulsivesness Scale. Dari hasil uji hipotesis regresi linear sederhana, didapatkan angka signifikansi sebesar 0,001 yang nilainya kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa variabel Fear of Negative Evaluation (FNE) berpengaruh secara positif terhadap pembelian impulsif pada generasi Z. Artinya, semakin besar Fear of Negative Evaluation (FNE) yang dirasakan oleh generasi Z, maka perilaku pembelian impulsif pada generasi Z juga akan semakin tinggi.
Kata kunci: Fear of Negative Evaluation, Pembelian Impulsif, Generasi Z
The rapid development of technology causes generation Z to be more easily exposed by product’s advertisements and able to access online shops easily, it makes generation Z is more prone to make impulse purchases. One of the causes of Generation Z making impulsive purchases is the fear of being judged negatively by other people, or the term Fear of Negative Evaluation (FNE). Generation Z characteristics that tend to be FOMO and need recognition or validation can trigger Fear of Negative Evaluation (FNE) which leads to impulsive purchases. The purpose of this study was to determine the effect of Fear of Negative Evaluation (FNE) on impulsive buying in generation Z. The method used in this study is a quantitative method with a simple linear regression analysis technique. Research data was collected using a questionnaire in the form of a google form. Sampling in this study used a purposive sampling technique with a total sample of 289 respondents. The measuring instrument used in the questionnaire is a measuring tool adapted and translated from the Brief Fear of Negative Evaluation – straightforward items (BFNE-S) and the Buying Impulsiveness Scale questionnaire. From the results of the simple linear regression hypothesis test, a significance value of 0.001 is obtained, which is less than 0.05. It can be concluded that the Fear of Negative Evaluation (FNE) variable has a positive effect on impulsive buying in generation Z. That is, the greater the Fear of Negative Evaluation (FNE) felt by generation Z, the higher the impulsive buying behavior in generation Z.
Keywords: Fear of Negative Evaluation, Impulsive Buying, Generaton Z