Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis
Mind Mapping
Pada Materi Pendapatan Nasional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI IPS MAN Kota Mojokerto
Kode Dokumen
:
0040/FE-PEKON/2020
Penulis Utama
:
RYAN FIRMANSYAH
NIM Penulis Utama
:
16080554029
Tahun
:
2020
Judul ID
:
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis
Mind Mapping
Pada Materi Pendapatan Nasional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI IPS MAN Kota Mojokerto
Judul EN
:
Development Of Mind Mapping Based Learning Videos On National Income Material To Improve Learning Outcomes Of Eleven Grade In MAN Mojokerto City
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ekonomika dan Bisnis - Jurusan S1 Pendidikan Ekonomi - 16080554029 - 2020
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan video pembelajaran berbasis
Mind Mapping
, (2) tanggapan siswa terhadap video pembelajaran berbasis
Mind Mapping
, dan (3) keefektifan video pembelajaran berbasis
Mind Mapping
. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan menggunakan model
ADDIE
. Desain uji coba memakai
Pre-Experiment Design
dengan model
Pretest
and Posttest Group
. Subjek uji coba ialah 29 siswa kelas XI IPS 1 MAN Kota Mojokerto. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) hasil validasi video pembelajaran berbasis
Mind Mapping
sejumlah 82% dengan kategori “Sangat Layak”, (2) hasil tanggapan siswa menggunakan video pembelajaran berbasis
Mind Mapping
sebesar 83% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan diukur dengan
gain score
dengan nilai 0,5 kategori “Sedang” dan hasil dari uji t menyatakan video pembelajaran berbasis
Mind Mapping
efektif dipakai untuk menaikkan hasil belajar siswa.
Abstrak EN
:
This study aims to determine: (1) the feasibility of learning videos based on Mind Mapping, (2) students’ responses to Mind Mapping based learning videos, and (3) the effectiveness of Mind Mapping based learning videos. This research is a development study with a development model using the ADDIE model. The trial design uses Pre-Experiment Design with Pretest and Posttest Group models. The test subjects were 29 students of class XI IPS 1 MAN Mojokerto. The results showed that: (1) the results of the validation of learning videos based on Mind Mapping by 82% with the criteria “Very Eligible”, (2) the result of the responses of students using learning videos based on Mind Mapping by 83% with the criteria of “Very Eligible”, and (3) student learning outcomes have increased measured through a gain score with a value of 0.5 in the category of “Medium” and the results of the t test stated that Mind Mapping based learning videos were effectively used to improve student learning outcomes.
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran