Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelibatan orang tua dan kedisiplinan dengan kemandirian belajar peserta didik SMPN di Kecamatan Wiyung Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 753, dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu 261 peserta didik kelas VII dari tiga sekolah Negeri yang ada di Kecamatan Wiyung Surabaya. Instrumen pengumpul data berupa: skala pelibatan orang tua, skala kedisiplinan dan kala kemandirian belajar. Analisis yang digunakan yaitu korelasi kendall parsial dengan bantuan program SPSS Statistics 25 For Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pelibatan orang tua dengan kemandirian belajar peserta didik SMPN di Kecamatan Wiyung Surabaya. Hal ini telah dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi 0,428 yang termasuk dalam kategori sedang/cukup kuat. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan kemandirian belajar peserta didik SMPN di Kecamatan Wiyung Surabaya. Hal ini telah dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi 0,560 yang temasuk dalam kategori sedang/ cukup kuat . (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pelibatan orang tua dengan kedisiplinan peserta didik SMPN di Kecamatan Wiyung Surabaya. Hal ini telah dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi 0,440 yang termasuk dalam kategori sedang / cukup kuat. (4) Ada hubungan antara pelibatan orang tua dan kedisiplinan secara bersama-sama dengan kemandirian belajar peserta didik di SMPN Wiyung Surabaya. Ditemukan nilai r = 0,248, dan ditemukan niali F hitung sebesar 8,47. Pada F teoritis dalam tabel nilai F sebesar 3,09 pada taraf 5% dan 4,71 pada tabel pada taraf 1%. Oleh karena harga F empirik terbukti lebih besar dari F teoritik, baik pada taraf 5% maupun 1% maka dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi antara pelibatan orang tua, kedisiplinan dan kemandirian belajar sangat signifikan.
The purpose of this research was to examine the correlation of parents involvement and discipline with independence of learning student junior high school in Wiyung Surabaya District. This research used quantitative research methods. The population in this research 753, subjects in this research were 261 students of 7th grade from three schools in Wiyung Surabya district. Instrument in this research used a scale of parent involvement, scale discipline and scale of learning independence. The analysis used is partial Kendall correlation with the heps of SPSS Statistic 25 For Windows. Based on the results of data analysis can be concluded (1) There is a positive and significant correlation between parents occupation and the learning independence of junior high school student in Wiyung Surabaya. This has been proven by a significance value of 0,000 and a correlation coefficient of 0,428 which is included in the moderate/strong enough category . (2) There is a positive and significant correlation between discipline and learning independence of junior high school students in Wiyung Surababya. This has been proven with a significance value of 0,000 and coefficient of 0,560 included in the moderate/strong enough category.(3) There is a positive and significant correlation between the involment of parents and discipline of junior high school students in Wiyung Surabya. This has been proven with significance value of 0,000 and correlation coefficient of 0,440 included in the moderate/strong enough category. (4) there is a correlation between parent involvement and discipline together with learning independence of junior high school student in Wiyung Surabaya. R value of 0,248 and a Fcount value of 8,47. In theoretical the table Fvalue of 3,09 at the level of 5% and 4,71 in table of 1%. Because the empirical F price is proven to be greater than theoretical F, both at the 5% and 1% level, it can be concluded that the correlation coefficient between parent involvement, discipline and learning independence is very significant.