ANALISIS PENGARUH CAMPURAN BAHAN METANOL DENGAN PERTALITE TERHADAP UNJUK KERJA MESIN SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX 2020
ANALYSIS OF THE EFFECT OF A MIXTURE OF METHANOL AND PERTALITE ON 2020 YAMAHA NMAX MOTORCYCLE ENGINE PERFORMANCE
Penyempurnaan dan perkembangan motor bensin untuk meningkatkan unjuk kerja mesin sepeda motor dengan menambahkan komponen pendukung. Modifikasi dapat dilakukan dengan penambahan campuran bahan bakar yang memiliki oktan yang lebih tinggi dan efektif dapat meningkatkan unjuk kerja mesin. Perlu adanya bahan bakar alternatif berupa Metanol yang dapat meningkatkan kualitas bahan bakar dan unjuk kerja mesin sepeda motor untuk setidaknya sedikit mengurangi pemakaian bahan bakar secara berlebih. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas campuran bahan bakar Pertalite dan Metanol terhadap unjuk kerja mesin (torsi, daya, tekanan efektif, konsumsi bahan bakar, effisiensi termal).
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, obyek penelitian adalah sepeda motor Yamaha NMAX tahun 2020 dan bahan bakar Metanol dengan Pertalite. Variasi yang digunakan adalah M0, M10, M20, M30, M40 dan M50. Dengan menggunakan putaran mesin 3000 rpm–9500 rpm dengan range 500 rpm. Penelitian menggunakan metode pengujian kecepatan berubah pada katup karburator terbuka penuh (Full Open Throttle Valve) dengan posisi transmisi penuh yang berpedoman pada standar SAE J 1349. Sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar menggunakan SNI 7554:2010, densitas bahan bakar menggunakan standar ASTM D1298, viskositas bahan bakar ASTM D445, nilai kalor ASTM D240, titik nyala ASTM D93 dan nilai oktan standart ASTM D2699. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil dari pengujian karakteristrik densitas, viskositas bahan bakar (M0, M10, M20, M30, M40, M50) semakin meningkat seiring bertambahnya konsentrasi metanol, namun nilai kalor dan titik nyala bahan bakar semakin menurun ketika konsentrasi metanol bertambah. Sedangkan hasil pengujian unjuk kerja mesin dengan menggunakan bahan bakar (M0, M10, M20, M30, M40, M50) menunjukkan bahwa M40 memberikan pengaruh terbesar. Hal ini dibuktikan dengan torsi sebesar 1,26 kgf.m pada putaran mesin 6000 rpm, daya efektif sebesar 12,4 HP pada putaran mesin 8000 rpm, tekanan efektif rata-rata sebesar 132104,5 kg.m-2 pada putaran mesin 3500 rpm. laju konsumsi bahan bakar sebesar 0,36 liter/jam, dan efisiensi termal sebesar 1,1% pada putaran 3000 rpm pada M30.
Kata kunci : metanol, pertalite, NMAX 2020, unjuk kerja mesin
Refinement and development of petrol motorbikes to increase motorbike engine performance by adding supporting components. Modifications can be made by adding a fuel mixture that has a higher octane and can effectively increase engine performance. There is a need for alternative fuel in the form of methanol which can improve fuel quality and motorbike engine performance to at least slightly reduce excess fuel consumption. The aim of this research is to analyze the effectiveness of the Pertalite and Methanol fuel mixture on engine performance (torque, power, effective pressure, fuel consumption, thermal efficiency).
This research uses an experimental method, the research object is a 2020 Yamaha NMAX motorbike and Methanol fuel with Pertalite. The variations used are M0, M10, M20, M30, M40 and M50. By using an engine speed of 3000 rpm–9500 rpm with a range of 500 rpm. The research uses a changing speed testing method on a fully open carburetor valve (Full Open Throttle Valve) with a full transmission position which is guided by the SAE J 1349 standard. Meanwhile for testing fuel consumption using SNI 7554:2010, fuel density using ASTM D1298 standards, viscosity ASTM D445 fuel, ASTM D240 heating value, ASTM D93 flash point and ASTM D2699 standard octane value. The data analysis technique used is quantitative and qualitative descriptive analysis.
The results of the density characteristic test, fuel viscosity (M0, M10, M20, M30, M40, M50) increase as the methanol concentration increases, but the heating value and flash point of the fuel decrease as the methanol concentration increases. Meanwhile, the results of engine performance testing using fuel (M0, M10, M20, M30, M40, M50) show that M40 has the greatest influence. This is proven by a torque of 1.26 kgf.m at an engine speed of 6000 rpm, an effective power of 12.4 HP at an engine speed of 8000 rpm, an average effective pressure of 132104.5 kg.m-2 at an engine speed of 3500 rpm. . The fuel consumption rate is 0.36 liters/hour, and the thermal efficiency is 1.1% at 3000 rpm on the M30.
Kata kunci : metanol, pertalite, NMAX 2020, machine performancing