ABSTRAK
Catur Wardeny. 2024. Pengembangan E-Book Materi
Keanekaragaman Hayati Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Larung Tumpeng Telaga
Sarangan untuk Melatihkan Keterampilan
Argumentasi pada Siswa .
Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si dan (II) Lisa Lisdiana, S.Si,
M.Si, Ph.D.
Kata Kunci: e-book , keanekaragaman hayati,
keterampilan argumentasi, validitas, SMA.
Keterampilan argumentasi yang baik mencerminkan kemampuan
berpikir ilmiah yang kuat, karena dalam setiap argumentasi tercermin penguasaan
kognitif serta alasan-alasan ilmiah yang mendasarinya. Untuk dapat
berargumentasi diperlukan dasar keterampilan 4C yang mencakup Critical
Thinking (berpikir kritis), Creativity (kreatif), Collaboration
(berkolaborasi), dan Communication (komunikasi) untuk mempersiapkan
siswa menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks. Keterampilan 4C penting
dalam melatih argumentasi siswa karena mendukung analisis klaim dengan logis,
menyusun ide inovatif, dan mempertimbangkan sudut pandang berbeda. Keterampilan
argumentasi perlu dilatihkan dikembangkan dalam proses pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan e-book materi keanekaragaman hayati berbasis kearifan lokal
tradisi larung tumpeng Telaga Sarangan yang valid, praktis, dan efektif untuk
melatihkan keterampilan argumentasi pada siswa. Model penelitian yang digunakan
adalah model penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analysis, design,
development, implementation, dan evaluation). Uji coba dilakukan di SMA Negeri 13 Surabaya
dengan 15 siswa kelas X-5. Model pembelajaran yang digunakan adalah Argument-Driven Inquiry (ADI) yang terdiri dari delapan sintaks
yaitu: (1) identifikasi tugas; (2) pengumpulan data; (3) penyusunan argumen (4)
sesi argumentasi; (5) diskusi reflektif; (6) penyusunan laporan, (7) review laporan; dan (8) revisi laporan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. E-book yang
dikembangkan valid dengan skor rata-rata 3,9, validitas soal pretest dan posstest sebesar 3,83,
dan skor validitas indeks Aiken sebesar 0,94. E-book yang dikembangkan
praktis dengan observasi
keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 96%, observasi keterlaksanaan aktivitas
siswa sebesar 96%, dan respon guru sebesar 96,4% dengan kategori sangat
praktis, serta respon siswa yang menjawab “Setuju” sebesar 57,97% dan
yang menjawab “Sangat Setuju” sebesar 39,34% mencerminkan respon siswa yang
positif. Hasil uji keterbacaan pada
level 12 praktis digunakan pada jenjang kelas 10 SMA. E-book yang dikembangkan efektif dengan ketuntasan hasil belajar siswa
sebesar 88 (sangat tinggi) dan hasil uji N-Gain sebesar 0,77
(tinggi). Ketercapaian indikator keterampilan argumentasi pada claim
naik menjadi 100%, data 91,67%, warrant 86,11%, backing 94,44%,
qualifier 94,44%, dan rebuttal 59,72% dengan kategori sangat
efektif untuk menggunakan e-book.
Hasil uji N-Gain ketercapaian indikator keterampilan
argumentasi sebesar 0,84 (tinggi). Berdasarkan hasil tersebut, e-book yang dikembangkan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.