PENGARUH AWARENESS TRAINING TERHADAP MOTIVASI OLAHRAGA PADA ATLET REMAJA
THE EFFECT OF AWARENESS TRAINING ON SPORTS MOTIVATION IN ADOLESCENT ATHLETES
Awareness training merupakan model pembelajaran kesadaran diri dengan melalui pemberian materi, diskusi, serta menyelesaikan games. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan pelatihan awareness training terhadap motivasi olahraga atlet remaja, dan peningkatan motivasi atlet remaja melalui pelatihan awareness training. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner skala motivasi olahraga. Kuesioner ini disajikan dalam bentuk Google formulir dengan pengujian hipotesis menggunakan SPSS versi 26.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan pada kelompok eksperimen yang diperoleh sebesar 0,009 sehingga lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat perbedaan signifikansi pada pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Dan nilai signifikan pada kelompok kontrol sebesar 0,448 sehingga lebih besar dari 0,05 artinya, Tidak ada perbedaan signifikansi pada pretest dan posttest pada kelompok kontrol. Hasil analisis diatas, disimpulkan bahwa awareness training memiliki pengaruh terhadap motivasi olahraga.
Awareness trainingis a self-awareness learning model through the provision of material, discussion, and completing games. The purpose of this training is to obtain a description of the application of awareness training to the sports motivation of young athletes, and to increase the motivation of young athletes through awareness training. The method used in this research is quantitative experiment. The sampling technique is saturated sampling. Data collection was carried out by distributing exercise motivation scale questionnaires. This questionnaire is presented in the form of a Google form with hypothesis testing using SPSS version 26.00 for windows. The results of this study showthe significant value in the experimental group was 0.009 so it was less than 0.05 meaning that there was a significant difference in the pretest and posttest in the experimental group. And the significant value in the control group was 0.448 so that it was greater than 0.05 meaning that there was no significant difference in the pretest and posttest in the control group. The results of the analysis above, it was concluded that awareness training has an influence on sports motivation.