KREATIVITAS BERPIKIR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA
THE CREATIVITY IN THINKING OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING PHYSICS PROBLEMS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas berpikir siswa SMP dalam memecahkan masalah fisika. Kreativitas berpikir penting dimiliki siswa untuk membuat dirinya memahami suatu konsep fisika, seperti gaya, usaha dan lain sebagainya. Kreativitas berpikir juga dibutuhkan agar siswa dapat menemukan beberapa kemungkinan solusi dari masalah sesuai dengan potensi yang dimilikinya dan tidak terpaku pada suatu cara karena pada dasarnya setiap siswa memiliki imajinasi dan proses berpikirnya sendiri. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan instrumen tes kreativitas berpikir siswa yang diperkuat dengan data wawancara siswa dan guru. Analisis data mengacu pada tiga indikator kreativitas yang digunakan dalam penelitian, yakni kelancaran, fleksibilitas, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan kelancaran berpikir siswa berkemampuan tinggi dan beberapa siswa yang berkemampuan sedang dan rendah memperoleh skor yang tinggi. Skor tertinggi indikator fleksibilitas diperoleh oleh siswa yang berkemampuan rendah. Skor tinggi untuk indikator kebaruan juga diperoleh oleh beberapa siswa dari kelompok kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Skor kreativitas tinggi tidak hanya diperoleh siswa berkemampuan tinggi namun juga siswa berkemampuan sedang dan rendah. Kreativitas berpikir siswa dalam memecahkan masalah fisika berbeda. Pengetahuan dan pengalaman siswa memiliki peran pada perbedaan kreativitas siswa dalam berpikir dengan lancar, fleksibel, dan baru. Maka guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung pada siswa untuk memudahkan siswa memahami suatu konsep dan meningkatkan pula kemampuan operasional matematika siswa untuk memudahkannya menyelesaikan suatu permasalahan yang memerlukan perhitungan matematis.
This study aims to describe the creativity in thinking of junior high school students in solving physics problems. Creativity in thinking is important for students to make themselves understand a physics concept, such as force, work, etc. Creativity in thinking is also needed so that students can find several possible problem solving according to their potential and are not fixated on a method because basically every student has their own imagination and thought process. Twelve students in the class VIII J of SMP Negeri 1 Jombang participated in the study. Data obtained from student's thinking creativity test instrument which is strengthened by data from student and teacher interviews. Data analysis referred to three indicators of creativity used in the study: fluency, flexibility, and originality. The results showed that the students' thinking fluency with high ability and some students with medium and low abilities got high scores. The highest score of the flexibility indicator was obtained by students with low abilities. High scores for the originality indicator were also obtained by several students from the high, medium, and low ability groups. High creativity scores are not only obtained by high-ability students but also medium, and low-ability students. The creativity of students' thinking in solving physics problems is different. Students' knowledge and experience play a role in the differences in students' creativity in thinking fluently, flexible, and new. So that teachers can use learning methods that provide direct experience to students to make it easier for students to understand a concept and also improve students' mathematical operational abilities to make it easier for them to solve a problem that requires mathematical calculations.