Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh waktu belajar, intensitas tugas, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Waru, baik pengaruh secara parsial maupun simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah populasi sebanyak 103 siswa dari kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Waru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara waktu belajar, intensitas tugas, dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Waru. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara waktu belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Waru. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas tugas terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Waru. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Waru.
Kata kunci: waktu belajar, intensitas tugas, motivasi belajar, hasil belajar.
This study was conducted to determine the effect of study time, task intensity, and learning motivation on the learning outcomes of grade 11th Social studies class on economic subjects in SMA 1 Waru, both in partial and simultaneous influences. The approach used in this study is a quantitative approach with multiple linear regression analysis methods. Sampling using saturated samples with a population of 103 students from grade 11th Social studies class in SMA 1 Waru.
The results showed that 1) There was a significant effect between study time, task intensity, and motivation to learn together on learning outcomes on economic subjects in class XI IPS in SMA 1 Waru. 2) There is a significant influence between learning time on learning outcomes on economic subjects in class XI IPS in SMA 1 Waru. 3) There is a significant influence between task intensity on learning outcomes on economic subjects in class XI IPS in SMA 1 Waru. 4) There is a significant influence between learning motivation towards learning outcomes on economic subjects in grade 11th Social studies class on SMA 1 Waru.
Keywords: study time, task intensity, learning motivation, learning outcomes.