Pengembangan Media Komik Pengalaman Pancasila “KOMPAS” Untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstrak
Pendidikan dapat mempengaruhi maju tidaknya suatu bangsa. Pendidikan yang baik pada suatu negara dapat mencetak anak bangsa yang berkualitas. Dalam pendidikan formal di sekolah pasti melibatkan adanya timbal balik antara guru dan peserta didik. Ketiks mengajar guru memiliki metode tersendiri saat menyampaikan materi kepada peseta didiknya. Pada beberapa sekolah ada guru yang menyampaikan materi dengan cara berceramah. Jika terlalu sering menggunakan metode ceramah maka peserta didik bisa saja merasa bosan. Maka dari itu peneliti membuat suatu penelitian pengembangan berupa media komik berjudul KOMPAS (Komik Pengamalan Pancasila) untuk memberi suasana baru dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan di SDN Sidorejo pada mata pelajaran PKn di kelas rendah. Tujuan dari peneitian ini adalah (1) untuk mengetahui kualitas media KOMPAS pada materi pengamalan sila pancasila (2) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media KOMPAS yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menghasilkan produk sebuah media pembelajaran komik. Metode dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE karena model pengembangan ADDIE cukup efektif untuk mengatasi masalah yang ada pada saat kegiatan pembelajaran. tahapan yang digunakan pada pengembangan ADDIE sangat sederhana dibanding dengan model lain. Adapun sifatnya yang simpel dan tersrtuktur maka model ini mudah di aplikasikan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus yang kemudian hasil presentase yang diperoleh akan di sesuaikan dengan tabel skala likert dan akan diketahui tingkat kelayakan dari materi sebagai isi dari komik dan kelayakan media komik itu sendiri. Kemudian peneliti juga membagikan angket pada peserta didik dengan tujuan mengetahui respon dalam penggunaan media KOMPAS. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kualitas media KOMPAS pada materi pengamalan sila pancasila dinyatakan valid atau layak sebagaimana hasil dari perhitungan ahli pembelajaran mendapat presentase 85,8%, ahli materi yang mendapat presentase sebesar 86,1% dan hasil presentase ahli media mendapat nilai 82,2%. (2) respon peserta didik terhadap media KOMPAS pada materi pengamalan sila pancasila mendapatkan nilai presentase sebesar 95% yang artinya semua aspek yang terdapat pada hasil uji lapangan, media KOMPAS mendapatkan nilai dengan presentase yang baik.
Kata kunci : Pendidikan, Pembelajaran, Pancasila, KOMPAS
Education can affect the progress of a nation. Good education in a country can produce quality children of the nation. In formal education in schools, it must involve interaction between teachers and students. In teaching, teachers have their own methods to convey material to their students. In some schools there are teachers who deliver material using the lecture method. If you use the lecture method too often, students may feel bored. Therefore, the researcher made a development research in the form of comic media entitled KOMPAS (Pancasila Practice Comics) to provide a new atmosphere in learning. The research was conducted at SDN Sidorejo on Civics subjects in the lower grades. The purpose of this research is (1) to determine the quality of KOMPAS media in the practice of Pancasila precepts (2) to find out the response of students to the KOMPAS media used in learning. This study uses a research development that will produce a product is comic learning media. The research method adapts the ADDIE development model because the ADDIE development model is quite effective in overcoming the problems that exist during learning activities. The stages used in the development of ADDIE are very simple compared to other models. As for its simple and structured nature, this design model is easy to apply. The data analysis technique in this study uses the formula, then the percentage results obtained will be adjusted to the Likert scale table and will be known to the level of feasibility of the material as the content of comics and the feasibility of comic media itself. Then the researcher also gave a questionnaire to the students to know how the response to the use of KOMPAS media. The results of this study are (1) the quality of the KOMPAS media in the practice of the Pancasila precepts is declared valid or feasible as the results of the calculation of learning experts get a 85,5%, from material experts who get a percentage of 86.1% and the results of the percentage of media experts get a value of 82.2%. (2) Response of students to the KOMPAS media on the material for practicing the Pancasila precepts got a percentage value of 95%, which means that all aspects contained in the field test results, KOMPAS media got a good percentage score.
Keywords : Education, Learning, KOMPAS.