PENGARUH PENERAPAN MEDIA DIGITAL SIMULATOR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK VOKASI TBSM
THE INFLUENCE OF APPLICATION OF DIGITAL SIMULATOR MEDIA ON THE LEARNING OUTCOMES OF TBSM VOCATIONAL STUDENTS
Seiring kemajuan teknologi dan informasi, pendidik didorong menciptakan media pembelajaran yang inovatif, efektif, dan efisien untuk digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan tantangan pembelajaran berbasis digital. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah Digital Simulator. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilis pengaruh penerapan media pembelajaran Digital Simulator terhadap hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain One Grup Pretest-Postest. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X TBSM 1 dan 2 SMKN 3 Bangkalan yang berjumlah 60 peserta didik. Pengumpulan data berupa kuisioner/angket respon peserta didik dan test.
Hasil paired sample test mendapatkan nilai sig. 2 tailed 0,00 < 0,05, standar deviasi sebesar 9,78 dan nilai t sebesar 19,92 serta nilai respon peserta didik sebesar 81,95% dengan hasil predikat sangat baik. Peningkatan hasil belajar ini dikarenakan media digital simulator memiliki tampilan yang menarik, materi mudah dipahami, tampilan gambar dan animasi memudahkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Digital Simulator, Hasil Belajar
Along with advances in technology and information, educators are encouraged to create innovative, effective, and efficient learning media to be used in an effort to improve student learning outcomes with digital-based learning challenges. One of the learning media used is Digital Simulator. The purpose of this study was to analyze the effect of the application of Digital Simulator learning media on student learning outcomes in the cognitive domain.
The type of research used in this research is pre-experiment with One Group Pretest-Postest design. The samples used were students of class X TBSM 1 and 2 SMKN 3 Bangkalan, totaling 60 students. Data collection in the form of questionnaires / student response sheets and tests.
The paired sample test results get a sig value. 2 tailed 0.00 <0.05, standard deviation of 9.78 and t value of 19.92 and student response value of 81.95% with very good predicate results. This increase in learning outcomes is because the digital simulator media has an attractive appearance, the material is easy to understand, the display of images and animations facilitates students' understanding of the material presented.
Keywords: Learning Media, Digital Simulator, Learning Outcomes